Santoso, Sanny Setianing (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD PADA MATERI PECAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060253.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060253_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060253_0719109101_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (846kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060253_0719109101_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060253_0719109101_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060253_0719109101_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060253_0719109101_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060253_0719109101_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (176kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060253_0719109101_0719048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti di salah satu sekolah di Kabupaten Nganjuk. Dari hasil observasi tersebut diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa rendah, dan masih banyak yang belum tuntas KKM terutama pada tahun 2021/2022. Guru masih mendominasi dalam kelas tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang sering digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran tidak melibatkan siswa didalam proses pembelajaran sehingga tidak ada interaksi antara guru dan siswa didalam kelas menyebabkan suasana di dalam kelas bersifat pasif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar? (2) Apakah model pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar? 3) Apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C dan model konvensional terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C, pengaruh model konvensional, dan perbedaan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C dan model konvensional terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar. Populasi dalam penelitian ini difokuskan pada siswa kelas IV SDN 1 Singkalanyar yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan metode desain eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah desain Pretest Postest Control Group Design pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah uji coba. Variabel dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C untuk mengetahui hasil belajar matematika pada materi pecahan. Simpulan hasil penelitian adalah (1) Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 8.831 ≥ ttabel 1.740 pada taraf signifikansi 5%. (2) Model pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 2.814 ≥ ttabel 1.740 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil thitung 2.034 ≥ ttabel 1.691 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis 4C berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD pada materi pecahan di SDN 1 Singkalanyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Model Numbered Head Together (NHT), Keterampilan 4C, Pecahan |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Sanny Setianing Santoso |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 12:49 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 12:49 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14998 |
Actions (login required)
View Item |