PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PENCAK SILAT

FATAHUDDIN, MOCH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PENCAK SILAT. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_85201_19101090145.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_85201_19101090145_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_19101090145_0718019003_0709099001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (778kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_85201_19101090145_0718019003_0709099001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_85201_19101090145_0718019003_0709099001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_85201_19101090145_0718019003_0709099001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_85201_19101090145_0718019003_0709099001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_85201_19101090145_0718019003_0709099001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (177kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_85201_19101090145_0718019003_0709099001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PJOK di SMP MAMBAUL HISAN Badal Pandean masih di dominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut Nampak dari hasil motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun menurun. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar teknik dasar pencak silat pada siswa SMP Mambaul Hisan Badal Pandean Ngadiluwih? (2) Apakah hasil belajar teknik dasar pencak silat siswa SMP Mambaul Hisan Badal Pandean Ngadiluwih meningkat setelah menerapkan model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IX SMP MAMBAUL HISAN Badal Pandean. Penelititian dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa RPP, lembar tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui pembelajaran dengan model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) hasil belajar siswa terus meningkat, hal itu terlihat dari hasil tes siswa yang terus meningkat pada setiap siklus. (2) Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas hasil belajar pada Pra siklus diperoleh prosentase ketuntasan sebesar 16% dengan sebanyak 37 siswa yang tidak tuntas dan 7 siswa yang tuntas, hasil belajar Siklus I dengan kenaikan 18% rata-rata ketuntasan diperoleh yaitu 34%, siklus II rata rata ketuntusan adalah 50%, dan pada siklus III prosentase ketuntasan sebesar 93% dengan pembagian 3 siswa tidak tuntas dan 41 siswa tuntas. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendaskan: (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran STAD adalah untuk mengembangkan kemampuan Kerjasama. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran STAD sesuai dengan seluruh karateristik materi dan karateristik siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Pencak Silat
Subjects: 710 Education science > 763 Sports and health education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Moch. Fatahuddin
Date Deposited: 13 Aug 2024 12:54
Last Modified: 13 Aug 2024 12:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14966

Actions (login required)

View Item View Item