Rani, Yolanda Surya (2024) PENGEMBANGAN E-HANDOUT MATERI PROSES FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060240.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060240_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (570kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060240_0722039001_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (666kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060240_0722039001_0701128306_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (418kB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060240_0722039001_0701128306_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (528kB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060240_0722039001_0701128306_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (783kB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060240_0722039001_0701128306_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060240_0722039001_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (438kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060240_0722039001_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas IV SDN Burengan 2 memiliki hasil belajar yang rendah terkait materi proses fotosintesis pada tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya bahan ajar yang digunakan. Maka dari itu, peneliti akan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa e-handout. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui kevalidan e-handout materi proses fotosintesis berbasis project based learning pada tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Burengan 2, (2) mengetahui kepraktisan e-handout materi proses fotosintesis pada tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Burengan 2, dan (3) mengetahui keefektifan e-handout materi proses fotosintesis berbasis project based learning pada tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Burengan 2. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif data disajikan berupa angka dan kualitatif data disajikan berupa pernyataan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE. Tahap uji coba terbatas dilakukan pada kelas IVA SDN Burengan 2 sebanyak 10 siswa dan tahap uji coba luas dilakukan pada kelas IVB SDN Burengan 2 sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) uji kevalidan untuk mengetahui kevalidan dari materi dan bahan ajar, (2) uji kepraktisan dengan skala likert untuk mengetahui kepraktisan dari e-handout materi proses fotosintesis pada tumbuhan berbasis project based learning, (3) uji keefektifan dengan skala likert untuk mengetahui kepraktisan dari e-handout materi proses fotosintesis pada tumbuhan berbasis project based learning. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah KKTP. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut (1) Kevalidan e-handout materi proses fotosintesis berbasis project based learning memperoleh skor 85,6% masuk dalam kategori validitas sangat valid. (2) Kepraktisan e-handout materi proses fotosintesis berbasis project based learning memperoleh nilai rata-rata gabungan dari angket respon guru dan siswa pada uji coba luas skor 91,5% masuk dalam kategori sangat praktis. (3) Keefektifan berdasarkan uji coba luas memperoleh rata-rata gabungan 91,9 masuk dalam kategori sangat efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-handout materi proses fotosintesis berbasis project based learning sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Burengan 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Handout, Materi Proses Fotosintesis pada Tumbuhan, Project Based Learning, Hasil Belajar, Siswa Kelas IV SDN Burengan 2 |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Yolanda Surya Rani |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 13:13 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 13:13 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14895 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN E-HANDOUT MATERI PROSES FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 2. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGEMBANGAN E-HANDOUT MATERI PROSES FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 2. (deposited 13 Aug 2024 13:13) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |