Saadah, Ulviyah Lailatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL DOKANSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN BARONGSAWAHAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060279.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (664kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (926kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (225kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060279_0708087703_0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini di latar belakangi oleh hasil data need assessment di kelas V SDN Barongsawahan 2. Guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi pantun belum menggunakan media pembelajaran cocok untuk siswa, data hasil need assesmen siswa kelas V diketahui kemampuan siswa dalam menulis pantun hanya 34,2%. Sedangkan dari hasil need assessment siswa dalam penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar hanya 52,2%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penelitian ini dikembangkan media visual dokansi. Tujuan penelitian yang dikembangkan ini untuk mengetahui 1) kevalidan, 2) keefektifan, dan 3) kepraktisan media visual dokansi. Metode pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini sebagai berikut 1) angket validasi oleh ahli media dan materi, 2) menggunakan pretest dan posttest pada uji coba terbatas dan uji coba luas, 3) angket kepraktisan respon guru dan siswa. Teknik analisis data pada menggunakan 1) hasil angket kevalidan ahli media dan dan ahli materi yang menggunakan presentase nilai rata-rata dari hasil angket, 2) hasil data keefektifan menggunakan hasil pretest dan posttest pada uji coba terbatas dan luas yang sebelumnya data diolah menggunakan SPSS untuk dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t, 3) hasil angket kepraktisan menggunakan nilai rata-rata hasil angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian dan kesimpulan pengembangan media pembelajaran visual dokansi sebagai berikut: 1) hasil validasi media visual dokansi mendapatkan presentase 90%, sedangkan validasi materi mendapatkan presentase 86%, media dengan kriteria sangat valid; 2) hasil keefektifan ditentukan melalui hasil pre-test dan post-test. Dari uji coba terbatas mendapatkan hasil presentase 87,4%, sedangkan dari uji coba luas mendapatkan hasil presentase 91,7%, dengan kriteria sangat efektif. Sedangkan dari hasil uji-t juga menunjukkan hasil nilai signifikansi (2-tailed) yang memperoleh 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test antara uji coba terbats dan uji coba luas dan; 3) hasil kepraktisan dari angket respon guru dari uji coba terbatas mendapatkan presentase 94% dan pada uji luas 98%, sedangkan angket respon siswa pada uji terbatas mendapatkan presentase 87% dan pada uji luas mendaptakan presentase 95,66%, dengan kritera sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran visual dokansi telah memenuhi kriteria sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Barongsawahan 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Visual Dokansi, Keterampilan Menulis, Pantun |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ulviyah Lailatul Saadah |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 14:02 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 14:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14770 |
Actions (login required)
View Item |