PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI MATERI DONGENG FABEL SISWA KELAS II SD NEGERI GEDANGSEWU 1 TAHUN 2023.

Khafifah, Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI MATERI DONGENG FABEL SISWA KELAS II SD NEGERI GEDANGSEWU 1 TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060036.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060036_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060036_0725076201_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060036_0725076201_0713037304_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060036_0725076201_0713037304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060036_0725076201_0713037304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060036_0725076201_0713037304_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060036_0725076201_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060036_0725076201_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan kegiatan pembelajaran dan wawancara bahwa didalam pembelajaran guru menggunakan bahan ajar berupa buku siswa yang berisi rangkuman materi dan ilustrasi gambar. Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, guru menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif karena siswa hanya diam dan mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini menyebabkan siswa belum sepenuhnya mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini berpengaruh pada motivasi siswa ketika pembelajaran berlangsung. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagiamana kevalidan media boneka jari materi dongeng fabel siswa kelas II SD Negeri Gedangsewu 1? (2) Bagaimana kepraktisan media boneka jari materi dongeng fabel siswa kelas II SD Negeri Gedangsewu 1? (3) Bagimana keefektifan media boneka jari materi dongeng fabel siswa kelas II SD Negeri Gedangsewu 1? Metode pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang merupakan akronim dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 13 orang siswa kelas II sebagai uji coba terbatas dan 35 siswa kelas II sebagai uji coba luas di SD Negeri Gedangsewu 1. Penelitian ini dilaksanakan pada hari rabu 3 April 2024 dan hari kamis 4 april 2024 di SD Negeri Gedangsewu 1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, analisis dokumen, angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) Media boneka jari memperoleh hasil validasi media sebesar 92%, validasi perangkat pembelajaran mendapat presentase skor 94,54%, dan validasi soal evaluasi mendapat presentase skor 98%. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari validasi media, validasi perangkat pembelajaran dan validasi soal evaluasi di dapatkan nilai rata-rata dengan skor 94,38% yang termasuk ke dalam skor sangat valid. (2) Hasil respon guru pada uji coba terbatas dengan skor 98% dengan kriteria sangat praktis. Kemudian pada hasil respon siswa uji coba terbatas memperoleh skor 97,69% dengan kategori sangat praktis, dan pada hasil respon siswa uji coba luas memperoleh skor 98% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari hasil respon guru dan siswa di dapatkan nilai rata-rata dengan skor 97,89% termasuk kedalam kategori sangat praktis. (3) Media boneka jari pada uji coba terbatas memperoleh nilai post-test dengan rata-rata 90,30% dan telah melebihi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Pada uji coba luas memperoleh nilai post-test dengan rata-rata 94,05% termasuk kedalam kategori sangat efektif, dan telah melebihi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Dengan demikian, media boneka jari materi dongeng fabel dinyatakan sangat efektif dan berpengaruh terhadap pemahaman pembelajaran bahasa Indonesia materi dongeng fabel siswa kelas II SD Negeri Gedangsewu 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Boneka Jari, Dongeng Fabel.
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Khafifah
Date Deposited: 13 Aug 2024 14:06
Last Modified: 13 Aug 2024 14:06
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14749

Actions (login required)

View Item View Item