Nurfianto, Dwi Muhamad (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN SUKORAME 2 DAN SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060099.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060099_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (112kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060099_0710039103_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (813kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060099_0710039103_0722039001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060099_0710039103_0722039001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060099_0710039103_0722039001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060099_0710039103_0722039001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060099_0710039103_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060099_0710039103_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kurikulum merdeka di SDN Sukorame 2 dan SDN Burengan 2 Kota Kediri. Kedua sekolah tersebut dipilih sebagai lokasi penelitian karena telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Namun, meskipun sudah ada upaya penerapan, belum ada kajian mendalam mengenai implementasi, tantangan, serta strategi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan oleh guru di kedua sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SDN Sukorame 2 dan SDN Burengan 2 Kota Kediri, (2) mendeskripsikan tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Sukorame 2 dan SDN Burengan 2 Kota Kediri. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah delapan belas narasumber yang terdiri dari guru kelas 1, 2, 4, dan 5 serta kepala sekolah di kedua sekolah. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi di kedua sekolah sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa tantangan. Di SDN Sukorame 2 pertimbangan diferensiasi cenderung pada gaya belajar siswa, sedangkan di SDN Burengan 2 lebih pada kesiapan belajar siswa. Di kedua sekolah tersebut kelemahan dalam pemetaan kebutuhan belajar mencakup instrumen pretest yang yang belum mencakup mata pelajaran secara menyeluruh, asesmen yang bergantung pada tes lisan tanpa instrumen tertulis, dan terbatasnya pilihan angket gaya belajar. Pada tahap perencanaan pembelajaran, sebagian besar guru belum menyusun modul ajar berdiferensiasi karena kurang pemahaman konsep, kesulitan penyesuaian aspek diferensiasi, dan anggapan bahwa penyusunan membutuhkan waktu tambahan. Tahap implementasi pembelajaran berdiferensiasi belum optimal, dengan adanya kesenjangan dalam penyajian konten sesuai gaya belajar, kurangnya diferensiasi aktivitas pembelajaran, ketidakseimbangan alokasi bobot tugas, dan ketidaksetaraan pemilihan tugas proyek. Pada tahap evaluasi pembelajaran juga masih belum sepenuhnya mengadaptasi sistem evaluasi berdiferensiasi terutama dalam asesmen formatif dan sumatif. Tantangan utama yang dihadapi guru meliputi kurangnya pemahaman tentang konsep dasar pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan kemampuan dan kapasitas guru, kesulitan menyusun modul ajar, kesulitan mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, keterbatasan dalam penyediaan materi pembelajaran yang beragam, terkendala tenaga, waktu, dan biaya, kesulitan dalam memanajemen kelas, alokasi waktu, dan pemanfaatan teknologi. Dengan demikian, implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SDN Sukorame 2 dan SDN Burengan 2 Kota Kediri masih memerlukan evaluasi dan perbaikan lebih lanjut agar dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah Dasar |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dwi Muhamad Nurfianto |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:05 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14643 |
Actions (login required)
View Item |