ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS(STUDI KASUS: WARUNG BAROKAH MBAH YUL)

Anggraini, Puji Astriya Adinda (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS(STUDI KASUS: WARUNG BAROKAH MBAH YUL). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2012010362.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2012010362_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (483kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2012010362_0014057501_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (866kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2012010362_0014057501_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2012010362_0014057501_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2012010362_0014057501_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2012010362_0014057501_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2012010362_0014057501_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (150kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2012010362_0014057501_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya persaingan ketat dalam bisnis, perubahan perilaku konsumen, perubahan teknologi dan kurangnya akses pasar. Maka penelitian ini bertujuan untuk megetahui model UMKM Warung Mbah Yul jika dilihat menggunakan BMC dan mengetahui strategi apa yang tepat untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek pada penelitian ini adalah UMKM Warung Barokah Mbah Yul yang berada di Dusun Djengkol, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menggunakan BMC ada yang perlu ditambahkan pada customer segmen yaitu mengidentifikasi segmen pelanggan baru dan meningkatkan penargetan pelanggan yang menunjukkan perlunya dilakukan perluasan. Value proposition yaitu nilai tambah yang sudah optimal selalu menjaga kualitas bahan baku, berikutnya dapat menambahkah channels dengan memperluas saluran pemasaran melalui tiktok, shopee, dan instagram. Sebagai evaluasi pengembangan usaha wadah untuk menampung saran dan kritik pada custumer relationship, berkolaborasi atau berinovasi menciptakan varian baru antara produk pendukung dan produk olahan bekicot untuk memperoleh tambahan pendapatan pada revenue streams, mempertahankan key resources dengan selalu konsisten memilih baku agar tetap stabil dan berkualitas dengan pemilihan pemasok yang terpercaya, key activities perlu mengidentifikasi aktivitas utama yang menjadi keunggulan kompetitif, pada key partnership yaitu menjalin kerjasama dengan mitra untuk memperoleh sumber daya tambahan, pada cost structure dapat melakukan analisis menyeluruh terhadap biaya operasional. Kesimpulan dari penelitian ini Warung Barokah Mbah Yul dalam aspek BMC meliputi 9 building blocks yaitu customer segment, value propositions, channel, customer relationship, revenue streams, key activities, key partnership, cost structure, dan key resources telah menggambarkan kondisi usahanya saat ini. Analisis Business Model Canvas membantu dalam mengenali lingkungan usaha, membangun model bisnis yang terhubung, dan mengidentifikasi kebutuhan pengembangan lebih lanjut. Studi ini memberikan wawasan yang berharga bagi UMKM Warung Barokah Mbah Yul dalam mengembangkan strategi bisnis yang berkelanjutan dan sukses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Business Model Canvas, 9 Building Bloks
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 568 Other unspecified economic fields
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Puji Astriya Adinda Anggraini
Last Modified: 06 Aug 2024 15:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item