LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA

NADILES, NYUANSIS and HANGGARA, GURUH SUKMA and RATNAWATI, VIVI (2022) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa, 10 (10). pp. 1-8. ISSN 2475-888X

[img] Text
RAMA_86201_18101010031.pdf

Download (535kB)
[img] Text
RAMA_86201_18101010031_SIMILARITY.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RAMA_86201_18101010031_0705068605_072803306_01_Front_ref.pdf

Download (427kB)
[img] Text
RAMA_86201_18101010031_0705068605_072803306_07_Lamp.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://ejournal.unikama.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pada temuan bahwa adanya siswa memiliki tingkat perilaku sopan santun yang rendah. Hal ini dikarenakan guru sering merasakan adanya perilaku yang tidak sopan saat bertemu dengan guru, dan siswa cenderung tidak memberi salam atau sapa, siswa sering mengucapkan kata-kata kotor saat ada guru. Semakin rendahnya pendidikan karakter maka kesadaran diri individu berdampak buruk pada kepribadian dan lingkungan individu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa melalui bimbingan kelompok atau role playing dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan metode true design of eksperiment study dengan menggunakan pre-test control group design. Dalam metode ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen diberikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama, dan kelompok kontrol diberikan metode diskusi umum. Probability sampling dengan simpel random sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%, dan hasil uji hipotesis diperoleh nilai (6,808>0,468) dari analisis data uji independen. Nilai kelas eksperimen menerima rata-rata yang lebih besar yaitu 152,22, sedangkan nilai kelas kontrol menerima rata-rata yang lebih kecil yaitu 131,22 setelah tes. Sehingga menurut hasil penelitian ini, bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama memberikan pengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa. Dengan demikian, saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya kegiatan layanan dilakukan dengan sebaik dan sekreatif mungkin agar maksud dan tujuan diskusi dapat tercapai. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Perilaku Sopan Santun

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Group Guidance, Sociodrama Techniques, Polite Behavior
Subjects: 710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs NYUANSIS NADILES
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:09
Last Modified: 25 Aug 2022 07:09
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item