NADILES, NYUANSIS and HANGGARA, GURUH SUKMA and RATNAWATI, VIVI (2022) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa, 10 (10). pp. 1-8. ISSN 2475-888X
Text
RAMA_86201_18101010031.pdf Download (535kB) |
|
Text
RAMA_86201_18101010031_SIMILARITY.pdf Download (1MB) |
|
Text
RAMA_86201_18101010031_0705068605_072803306_01_Front_ref.pdf Download (427kB) |
|
Text
RAMA_86201_18101010031_0705068605_072803306_07_Lamp.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi pada temuan bahwa adanya siswa memiliki tingkat perilaku sopan santun yang rendah. Hal ini dikarenakan guru sering merasakan adanya perilaku yang tidak sopan saat bertemu dengan guru, dan siswa cenderung tidak memberi salam atau sapa, siswa sering mengucapkan kata-kata kotor saat ada guru. Semakin rendahnya pendidikan karakter maka kesadaran diri individu berdampak buruk pada kepribadian dan lingkungan individu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa melalui bimbingan kelompok atau role playing dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan metode true design of eksperiment study dengan menggunakan pre-test control group design. Dalam metode ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen diberikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama, dan kelompok kontrol diberikan metode diskusi umum. Probability sampling dengan simpel random sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%, dan hasil uji hipotesis diperoleh nilai (6,808>0,468) dari analisis data uji independen. Nilai kelas eksperimen menerima rata-rata yang lebih besar yaitu 152,22, sedangkan nilai kelas kontrol menerima rata-rata yang lebih kecil yaitu 131,22 setelah tes. Sehingga menurut hasil penelitian ini, bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama memberikan pengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa. Dengan demikian, saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya kegiatan layanan dilakukan dengan sebaik dan sekreatif mungkin agar maksud dan tujuan diskusi dapat tercapai. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Perilaku Sopan Santun
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Guidance, Sociodrama Techniques, Polite Behavior |
Subjects: | 710 Education science > 795 Educational psychology 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs NYUANSIS NADILES |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 07:09 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 07:09 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8153 |
Actions (login required)
View Item |