Pengembangan Skala Kepercayaan Diri Akademik Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Kediri

NOERRAHMAN, M.R BERLIAN and AROFAH, LAELATUL and RATNAWATI, VIVI (2022) Pengembangan Skala Kepercayaan Diri Akademik Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara Pgri Kediri.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
RAMA_86201_18101010017_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RAMA_86201_18101010017_SMILARITY.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RAMA_86201_18101010017_0722069101_0728038306_06_REF.pdf

Download (127kB)
[img] Text
RAMA_86201_18101010017_0722069101_0728038306_07_lamp.pdf

Download (745kB)
Official URL: https://docs.google.com/document/d/1KwnQheXp_NNnXt...

Abstract

Di era pandemi covid-19 ini remaja dihadapkan dengan berbagai persoalan yang bisa menghambat proses berkembangan individu salah satunya yang ditemui adalah kurangnya rasa kepercayaan diri akademik. Kepercayaan diri akademik sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang, semakin tinggi rasa kepercayaan diri maka semakin terampil individu dalam prestasi akademik. Peneliti mengembangkan teori lauster menjadi 3 indikator, 7 prediktor dan 62 item pertanyaan. Tujuan peneliti mengembangkan skala kepercayaan diri akademik untuk membantu guru Bimbingan dan Konseling dalam mengukur rasa kepercayaan diri akademik siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Pawiyatan Daha Kediri. Rancangan Penelitian ini menggunakan pengembangan instrumen. Hasil test dua uji ahli dengan nilai keseluruahan adalah 0,7 yang berarti tinggi. Selanjutnya analisis Alpha cronbach menghasilkan penyaringan 36 item valid dengan nilai keseluruhan 0,758 yang masuk di kategori tinggi dan layak untuk digunakan. Saran peneliti untuk peneliti selanjutnya adalah dengan instrumen skala yang sudah valid dan reliabel yang sudah sedemikian rupa kedepannya dapat digunakan untuk menjadi sebuah produk pembaruan dalam sebuah penelitian pembaruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: dengan adanya skala kepercayaan diri akademik secara valid dan reliabel guru Bimbingan dan Konseling dapat mengukur tingkat rasa kepercayaan diri akademik menggunakan instrumen skala yang yang telah dibuat, jadi guru bimbingan dan konseling terbantu untuk mengetahui siswa yang mana kurang percaya diri dan sebaliknya dan guru Bimbingan dan konseling tidak hanya sekedar perkiraan sepihak saja
Uncontrolled Keywords: instrumen, kepercayaan diri
Subjects: 710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr M. Rizky Berlian Noerrahman
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:36
Last Modified: 25 Aug 2022 05:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7755

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item