PENGEMBANGAN SKALA SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN

Ika, Yunia and DHIAN P., IKKE YULIANI and ANDRIANIE, SANTY (2022) PENGEMBANGAN SKALA SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
YUNIA_86201_18101010012.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
YUNIA_86201_18101010012_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Refrences)
YUNIA_86201_18101010012_072609001_0728018901_06_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (265kB)
[img] Text (Lampiran)
YUNIA_86201_18101010012_072609001_0728018901_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (582kB) | Request a copy

Abstract

Self-efficacy merupakan hal yang penting saat ini, dapat membantu individu dalam menghadapi dan mengatasi setiap masalah yang dialaminya. Siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi akan mampu mengarahkan pikiran dan perilakunya sesuai dengan perilaku yang diharapkan, sedangkan siswa yang memiliki self efficacy rendah akan mudah menyerah dalam menghadapi hambatan atau kesulitan yang dihadapi. Pengembangan instrumen self efficacy diperlukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat self efficacy siswa secara valid dan reliabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen skala self efficacy yang valid dan reliabel. Pengembangan skala self efficacy ini menggunakan 6 metode menurut Riduwan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Singgahan yang bejumlah 75 responden. Hasil analisis uji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment dan cronbach's alpha diperoleh 37 item pernyataan yang valid dari total 43 pertanyaan yang diajukan dengan reliabilitas cronbach’s alpha sebesar 0,955 yang artinya berada pada kategori sempurna, sehingga dapat disimpulkan skala self efficacy valid dan reliabel. Skala self efficacy ini dapat digunakan guru BK Bimbingan Konseling untuk memetakan self efficacy siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, validitas, reliabilitas
Subjects: 710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Yunia ika Purnia sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:39
Last Modified: 22 Aug 2022 08:39
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7701

Actions (login required)

View Item View Item