PENGARUH PEMBERIAN TUGAS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN INTEGRASI NASIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KLS X SMK PSM WARUJAYENG

Chulfiya, Harfirda and ETTY, ANDYASTUTI and SURATMAN, SURATMAN (2022) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN INTEGRASI NASIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KLS X SMK PSM WARUJAYENG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_87205_18101030003.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similirity)
RAMA_87205_18101030003_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1+ References)
RAMA_87205_18101030003_0007016201_0719036102_01_frond_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_18101030003_0007016201_0719036102_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_18101030003_0007016201_0719036102_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_18101030003_0007016201_0719036102_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_18101030003_0007016201_0719036102_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
RAMA_87205_18101030003_0007016201_0719036102_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
rama_87205_18101030003_0007016201_0719036102_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Chulfiya Harfirda, Pengaruh Pemberian Tugas Mind Mapping Dalam Pembelajaran Integrasi Nasional Terhadap hasil Belajar Siswa kelas X SMK PSM WARUJAYENG, Skripsi, PPKn, FKIP UN PGRI Kediri, 2022. Kata Kunci: Hasil belajar, Mind Mapping, Integrasi Nasional Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa terdapat beberapa hambatan yang terjadi selama pembelajaran PPKn di SMK PSM WARUJAYENG. Beberapa hambatan diantaranya yaitu terbatasnya waktu pembelajaran PPKn sedangkan materi yang luas, siswa memandang mata pelajaran PPKn sebagai pelajaran yang konseptual dan teoritis serta proses pembelajaran cenderung kurang relevan dengan realita yang dihadapi siswa dimasyarakat. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran menggunakan mind mapping pada materi Integrasi Nasional dalam meningkatkan hasil belajar PPKn? (2) Apakah metode pembelajaranpemberian tugas mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar PPKn?. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X-TKJ 1 dan X-TKJ 2SMK PSM WARYJAYENG. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Pemberian Tugas Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PPKn Materi Integrasi Nasional siswa kelas X-TKJ 1 dan X-TKJ 2 SMK PSM WARYJAYENG. Hal ini dilihat dari hasil post test siklus I yang menunjukkan nilai rata-rata 33 menjadi 70,25 dan pada siklus II didapati rata-rata nilai siswa 42,5 menjadi 81. Kesimpulanhasil penelitian ini adalah 1.) Dalam menggunakan metode pembelajaran, harus menyesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran, metode mind mapping lebih baik diterapkan pada materi yang cakupannya luas. 2.) Sebelum pembelajaran dilaksanakan, guru sebaiknya memberikan penjelasan tentang langkah-langkah membuat mind mapping disertai contoh mind mapping. 3.) Guru sebaiknya memberikan penilaian mind mapping berdasarkan rubrik yang mudah di mengerti dan lebih jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keyword
Subjects: 630 Religion and philosophy > 641 Islam
630 Religion and philosophy > 652 Religious and cultural sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs chulfiya harfirda
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:27
Last Modified: 22 Aug 2022 01:27
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7498

Actions (login required)

View Item View Item