MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR

Gunar, Eka Rahmawati and SULISTYONO, BAMBANG AGUS and DARSONO, DARSONO (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_18101050006.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_18101050006_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (467kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_18101050006_0713087101_0710016401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_18101050006_0713087101_0710016401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_18101050006_0713087101_0710016401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_18101050006_0713087101_0710016401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_18101050006_0713087101_0710016401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_18101050006_0713087101_0710016401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_18101050006_0713087101_0710016401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreatifitas siswa dalam mencari solusi dari suatu permasalahan yang diberikan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek pengetahuan dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu hal yang baru dalam pemecahan masalah sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa masih kurang. Berdasarkan latarbelakang tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang berfokus pada siswa untuk menemukan sesuatu hal yang baru dalam penyelesaian masalah sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian menggunakan 3 indikator berpikir kreatif menurut Silver yaitu indikator kefasihan, indikator fleksibilitas dan indikator kebaruan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Kediri kelas X MIPA 1. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Probability Sampling. Data hasil penelitian diperoleh dari Pretest Posttest yang diberikan kepada siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP dan Pretest Posttest yang sudah tervalidasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram dari hasil Pretest Posttest. Instrumen RPP dan instrumen Pretest Posttest yang digunakan dalam penelitian telah divalidasi oleh 3 pakar ahli dan menyatakan bahwa instrumen penelitian layak digunakan tanpa revisi. Instrumen Pretest Posttest setelah diuji cobakan juga memperoleh validitas soal sangat tinggi (0,800<r≤1,00) dan juga reliabel dengan cronbach alpha yaitu 0,799. Berdasarkan hasil analisis data penelitian hasil Pretest Posttest ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif yang digunakan peneliti mengalami peningkatan. Indikator kefasihan mengalami peningkatan sebesar 45%, indikator fleksibilitas mengalami peningkatan sebesar 40% dan indikator kebaruan mengalami peningkatan sebesar 18 %. Setiap indikator mengalami peningkatan yang berbeda-beda, indikator kefasihan merupakan indikator yang mengalami peningkatan tertinggi, kemudian indikator fleksibilitas dan yang terakhir indikator kebaruan. Berdasarkan peningkatan setiap indikator kemampuan berpikir kreatif yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Model Pembelajaran CPS; Pemecahan Masalah; Sistem Persamaan Linear
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 124 Other areas of mathematics that have not been listed
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Eka Rahmawati Gunar
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:12
Last Modified: 19 Aug 2022 07:12
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7376

Actions (login required)

View Item View Item