PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI DONGENG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SDN LIRBOYO 1 TAHUN AJARAN 2021/2022

Choirul Arifin, Mochamad and DAMARISWARA, RIAN and IMRON, ILMAWATI FAHMI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI DONGENG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SDN LIRBOYO 1 TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_17101100057.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100057_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + referensi)
RAMA_86206_17101100057_0728129001_0710128902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (461kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100057_0728129001_0710128902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100057_0728129001_0710128902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100057_0728129001_0710128902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100057_0728129001_0710128902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (Referensi)
RAMA_86206_17101100057_0728129001_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100057_0728129001_0710128902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi, bahwa pembelajaran materi dongeng di kelas II SDN Lirboyo 1 Kota Kediri masih monoton. Terlihat dari proses pembelajaran yang hanya dilakukan dengan kegiatan ceramah saja dan kurangnya penggunaan media. Oleh sebab itu diperlukanya pengembangan media pembelajaran yang menarik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan produk pengembangan audio visual sparkol videoscribe berbasis scientific approach pada materi dongeng. (2) mengetahui keefektifan produk pengembangan audio visual sparkol videoscribe berbasis scientific approach pada materi dongeng. (3) mengetahui kepraktisan produk pengembangan media audio visual sparkol videoscribe berbasis scientific approach pada materi dongeng. Penelitian ini menggunakan jenis model penelitian ADDIE. Dengan menggunakan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subyek penelitian ini dilaksanakan pada skala terbatas pada kelas II SDN Lirboyo 1 yang berjumlah 10 orang siswa. Kemudian untuk subyek penelitian uji coba luas yaitu dilakukan pada siswa kelas II SDN Lirboyo 1 yang berjumlah 27 siswa. Uji coba produk dilakukan menggunakan uji terbatas dan uji luas. Pengambilan data melalui teknik pengumpulan data berupa kuesioner berupa butir angket. Teknik analisis data yang sudah dihitung kemudian dirubah menjadi kualitatif. Uji analisis kelayakan produk yang dikembangkan ditetapkan melalui hasil validasi materi, validasi media, uji coba pemakaian pada siswa dan guru menggunakan analisis deskriptif serta uji keefektifan dan kepraktisan menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis yang dipaparkan : (1) Kevalidan produk pengembangan media audio visual sparkol videoscribe berbasis scientific approach pada materi dongeng sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan anak memahami materi dongeng pada kelas II SDN Lirboyo 1 Kota Kediri, pada validasi media memperoleh nilai 72% kategori valid, sedangkan pada validasi materi memperoleh nilai 85% kategori valid. (2) Kepraktisan produk pengembangan media audio visual sparkol videoscribe berbasis scientific approach pada materi dongeng sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan anak memahami materi dongeng pada kelas II SDN Lirboyo 1 Kota Kediri Kediri, dengan perolehan nilai respon guru uji coba terbatas 90% dan uji coba luas 94%, sedangkan respon siswa uji terbatas 92% dan uji luas 91% kategori sangat praktis. (3) Keefektifan produk pengembangan media audio visual sparkol videoscribe berbasis scientific approach sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan anak memahami materi dongeng pada kelas II SDN Lirboyo 1 Kota Kediri, uji terbatas dengan nilai rata-rata sebesar 86 dan uji luas memperoleh nilai rata-rata sebesar 89 pada kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media audio visual sparkol videoscribe berbasis scientific approach pada materi dongeng ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa pada pembelajaran materi dongeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Sparkol Videoscribe, Scientific Approach, Materi Dongeng.
Subjects: 500 Linguistics > 510 Sub rmpun literature (and language) indonesia and region
500 Linguistics > 511 Regional literature (and language) (javanese, sundanese, batak, etc.)
500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language)
500 Linguistics > 520 Linguistics
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Mochamad Choirul Arifin
Date Deposited: 18 Aug 2022 12:44
Last Modified: 18 Aug 2022 12:44
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7111

Actions (login required)

View Item View Item