OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN GITAR PEMULA (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Ansembel Musik IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri)

RAHARJO, ITOT BIAN and WIJAYA, INTAN PRASTIHASTARI and LESTARININGRUM, ANIK (2018) OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN GITAR PEMULA (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Ansembel Musik IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri). Jurnal Pendidikan Anak, 7 (2). pp. 138-145. ISSN 2302-6804

[img] Text
Artikel Optimalisasi Penggunaan Metode Drill Pada Pembelajaran Gitar Pemula (Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok Ansembel Musik IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri).pdf

Download (876kB)
[img] Text
Uji Plagiasi Metode Drill.pdf

Download (796kB)
[img] Text
Peer Review Metode Drill.pdf

Download (185kB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/vi...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan optimalisasi pembelajaran gitar pemula melalui metode drill dan mendeskriksikan dampak metode drill dalam meningkatkan keterampilan guru TK pada materi teori dasar dan praktik bermain gitar pemula. Subjek penelitian ini adalah guru TK anggota IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri yang berjumlah 26 orang sebagai perwakilan 26 Kecamatan. Penelitian ini menggunakan Desain PTK model Kurt Lewin (Wijaya K. dan Dedi D., 2012: 20). Dikatakan penelitian ini berhasil jika mampu melakukan perpindahan antar kunci dan mampu memainkan pola rhythm yang diperlihatkan melalui kriteria minimal 75%. Teknik pengumpulan data dalam PTK ini adalah observasi dan instrumen yang digunakan dalam penilaian proses pembelajaran ini mencakup 2 (dua) aspek keterampilan, antara lain: perpindahan antar kunci (jari tangan kiri) dan pola rhythm (jari tangan kanan). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar perpindahan kunci sebanyak 3 orang (11,5%) di siklus I, sebanyak 16 orang (61,5%) di siklus II, dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 80,8% pada siklus III. Dan pola rhythm sebanyak 5 orang (19,2%) di siklus I dan dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 77% pada pelaksanaan di siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penggunaan metode drill pada pembelajaran gitar pemula pada kelompok ansembel IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri tahun 2017, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Intan Prastihastari Wijaya
Date Deposited: 01 May 2020 04:53
Last Modified: 06 Oct 2020 05:23
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item