PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU BERGAMBAR UNTUK MATERI DONGENG BINATANG (FABEL) SISWA KELAS II SDN SUMBERBENDO II KABUPATEN KEDIRI

Wijaya, Berty Agustin and MUJIWATI, ENDANG SRI and DAMAYANTI, SUSI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU BERGAMBAR UNTUK MATERI DONGENG BINATANG (FABEL) SISWA KELAS II SDN SUMBERBENDO II KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_17101100059.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100059_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (400kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100059_0725076201_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (543kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100059_0725076201_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100059_0725076201_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100059_0725076201_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100059_0725076201_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_17101100059_0725076201_0723117802_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (297kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100059_0725076201_0723117802_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Berty Agustin Wijaya: Pengembangan Bahan Ajar Buku Bergambar Untuk Materi Dongeng Binatang (Fabel) Siswa Kelas II SDN Sumberbendo II Kabupaten Kediri Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II SDN Sumberbendo II ditemukan bahwa siswa belum memahami materi dongeng binatang dengan baik. Hal ini disebabkan bahan ajar yang digunakan guru lebih banyak berisikan narasi dibandingkan gambar-gambar yang imajinatif. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton sehingga menyebabkan siswa jenuh dan kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dari pengembangan bahan ajar buku bergambar. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang dikembangkan sebagai berikut. 1) Bagaimana validitas bahan ajar buku bergambar untuk materi dongeng binatang (fabel) siswa kelas II SDN Sumberbendo II Kabupaten Kediri?, 2) Bagaimana respon guru terhadap bahan ajar buku bergambar untuk materi dongeng binatang (fabel) siswa kelas II SDN Sumberbendo II Kabupaten Kediri?, serta 3) Bagaimana efektivitas bahan ajar buku bergambar untuk materi dongeng binatang (fabel) siswa kelas II SDN Sumberbendo II Kabupaten Kediri?. Berdasarkan rumusan masalah ini dapat diambil tujuan penelitian yakni untuk mengetahui validitas, respon guru terhadap buku bergambar, serta efektivitas buku bergambar. Model pengembangan Borg and Gall akan digunakan dalam penelitian ini. Tahapan Model Borg and Gall terdiri atas: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba awal, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produk masal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengetahui dan mengolah data yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar buku bergambar dan respon guru terhadap buku bergambar. Hasil dari penelitian pengembangan buku bergambar adalah sebagai berikut: (1) dinyatakan sangat valid dengan memenuhi kriteria persentase nilai konstruksi sebesar 95,55%, validitas materi 92,5%, dan validitas soal evaluasi 98%, 2) dinyatakan baik berdasarkan respon guru dengan memenuhi kriteria persentase sebesar 86%, dan 3) dinyatakan efektif dengan memenuhi persentase ketuntasan belajar klasikal tes siswa sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku bergambar dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi dongeng binatang. Kata kunci: Bahan Ajar, Buku Bergambar, Materi Dongeng Binatang (Fabel)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Buku Bergambar, Materi Dongeng Binatang (Fabel)
Subjects: 710 Education science > 740 Language and literature education science
710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Berty Agustin Wijaya
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:23
Last Modified: 19 Jul 2022 08:23
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

View Item View Item