Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual

Suryo, Widodo (2021) Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3 (2). pp. 111-122. ISSN 2656-5846

[img] Text
84202_0002026403.pdf

Download (646kB)
[img] Text
84202_0002026403_PEER_REVIEW.pdf

Download (3MB)
[img] Text
84202_0002026403_SIMILARITY.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/Vo...

Abstract

Kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang meningkat melalui implementasi pembelajaran kontekstual menjadi topik kajian dalam penelitian ini. Pembelajaran kontekstual melatih siswa untuk menemukan esensi/makna konsep matematika yang dipelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran kontekstual, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta penerapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal atau artikel yang relevan dengan pembelajaran kontekstual sebanyak sepuluh artikel. Penelitian ini menggunakan metode pembanding kuantitatif. Setelah dilakukan analisis, hasil yang diperoleh adalah implementasi pembelajaran kontekstual efektif diterapkan untuk dalam upaya peningkatan critical ability siswa mulai dari peningkatan terendah sebesar 6,96% sampai dengan yang paling tinggi sebesar 69,36% dengan rata – rata peningkatan sebesar 40,70%.

Item Type: Article
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Suryo Widodo
Date Deposited: 15 Oct 2021 13:58
Last Modified: 15 Oct 2021 13:58
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item