Implementasi Pendidikan Karakter Di Program Studi Pendidikan Ekonomi/di Sekolah

Muchson, Muchamad and Lianawati, Dian and Susmawati, Ellis (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Di Program Studi Pendidikan Ekonomi/di Sekolah. Prosiding Seminar Pendidikan dan Pengjaran (SEMDIKJAR) 3, 3. pp. 296-305. ISSN 2598-6139

[img] Text (Artikel Prosiding)
2 art - implementasi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Uji Plagiat)
2 plag - IMPLEMENTASI.pdf - Other

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
2 pr - implementasi pendidikan.pdf - Other

Download (5MB)
Official URL: http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.ph...

Abstract

Krisis multi dimensi yang melanda bangsa indonesia tidak lepas dari kontribusi sektor pendidikan. Sektor pendidikan dianggap hanya mengejar kecerdasan intelektual tapi mengesampingkan kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan sosial. Untuk itu diperlukan pendidikan karakter yang membekali peserta didik dengan pendidikan seutuhnya yaitu disamping mengejar aspek kognitif dan psikomotorik juga lebih menonjolkan aspek afektif. Karakter adalah kualitas atau kekuatan mental, moral, akhlak dan budi pekerti yang dimiliki oleh seseorang dan membentuk kepribadian khusus yang membedakan dari orang lain. Model pembelajaran pendidikan karakter di sekolah/PT dapat dilaksanakan dalam bentuk: 1) Model sebagai mata pelajaran/kuliah sendiri artinya pendidikan karakter diberikan sebagai mata pelajaran/kuliah yang berdiri sendiri, 2) Model terintegrasi dengan semua mata pelajaran/kuliah artinya penanaman nilai dalam pendidikan karakter dapat dilakukan secara terintegrasi dengan semua mata pelajaran/kuliah, 3) Model di luar pembelajaran artinya pendidikan karakter dapat dilakukan di luar jam pelajaran seperti saat kegiatan ekstra kurikuler, 4) Model gabungan artinya pendidikan karakter dilakukan secara terintegrasi dengan mata pelajaran/kuliah atau diluar pelajaran/kuliah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik, model pembelajaran
Subjects: 710 Education science > 723 Economic education
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mochamad Muchson
Date Deposited: 06 Apr 2020 07:43
Last Modified: 06 Apr 2020 07:43
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item