Meningkatkan Karakter Fairness Siswa SD Melalui Media Permainan Roda Pelangi

SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and KRISPHIANTI, YUANITA DWI and DHIAN P., IKKE YULIANI (2018) Meningkatkan Karakter Fairness Siswa SD Melalui Media Permainan Roda Pelangi. In: Membangun Manusia Indonesia yang Holistik dalam Kebinekaan, 30 Juni 2018, UPH Surabaya, Jawa Timur.

[img] Text
C.2.a.4.1 2018_Artikel Prosiding Nasional UPH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.2.a.4.1 2018_Peer review Prosiding Nasional UPH.pdf

Download (535kB)
[img] Text
C.2.a.4.1 2018_Similarity Prosiding Nasional UPH.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://dspace.uphsurabaya.ac.id:8080/xmlui/handle/...

Abstract

Fa irness memiliki arti menghargai kesetaraan antar individu, bermain sesuai peran atau taat akan aturan yang berlaku, tidak suka memanfaatkan kelemahan orang lain untuk ke untungan pribadi, dan bersikap transparan serta adil terhadap sesama. Untuk menjadi pribadi yang sehat secara pribadi maupun sosialnya, konseli/siswa harus memiliki karakter ini. Pengembangan karakter hendaknya dilakukan sedini mungkin. Oleh karena itu, dipilihlah siswa SD sebagai subjek sasaran. Sebagai sarana untuk mengembangkan karakter ini perlu dipilih sebuah media yang sesuai, serta untuk mengurangi kebosanan pada anak perlu dipilih sebuah media yang memenuhi unsur kebaruan (novelty). Menggunakan permainan sebagai media untuk mengintervensi siswa SD dinilai tepat karena ditinjau dari usia mereka masih sangat gemar bermain. Maka, permainan Roda Pelangi dirasa sesuai untuk digunakan sebagai media dalam proses pengembangan karakter fairness tersebut. Roda Pelangi merupakan bagian dari media permainan yang tergolong baru serta menarik sehingga dapat minat siswa agar dengan sukarela mengikuti kegiatan bimbingan untuk meningkatkan karakter fairness. Tujuan penelitian yang dapat dirumuskan adalah untuk mengetahui tingkat karakter fairness siswa SD sebelum dan sesudah melakukan permainan Roda Pelangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian yang dipilih adalah eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Namun, dalam penulisan artikel ini terbatas pada rasionalisasi mengenai penggunaan media permainan Roda Pelangi untuk meningkatkan karakter fairness siswa SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ikke Yuliani Dhian Puspitarini
Date Deposited: 14 Jul 2021 15:01
Last Modified: 14 Jul 2021 15:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3733

Actions (login required)

View Item View Item