Penggunaan Focus Group Discussion (FGD) dengan Proses Ground, Understand, Revise, and Use (GURU) terhadap Efikasi Diri Karier Mahasiswa

KRISPHIANTI, YUANITA DWI and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and DHIAN P., IKKE YULIANI (2019) Penggunaan Focus Group Discussion (FGD) dengan Proses Ground, Understand, Revise, and Use (GURU) terhadap Efikasi Diri Karier Mahasiswa. In: Seminar Nasional dan Call Paper Psikologi Pendidikan 2019 “Menjadi Siswa yang Efektif di Era Revolusi 4.0”, 13 APRIL 2019, UM MALANG.

[img] Text
C.2.a.4. ARTIKEL_PENGGUNAAN FGD DENGAN PROSES GURU TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
C.2.a.4. CEK PLAGIASI_PENGGUNAAN FGD DENGAN PROSES GURU TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.2.a.4. PEER REVIEW_PENGGUNAAN FGD DENGAN PROSES GURU TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/3...

Abstract

Efikasi diri karier merupakan keyakinan individu pada kemampuan dirinya untuk melakukan usaha terkait dengan keinginan yang dicitakan hingga mendapatkan sebuah keberhasilan kariernya di masa depan. Efikasi diri karier hendaknya sudah dimiliki oleh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI Kediri (BK UNP) sebelum memasuki jenjang perkuliahan. Akan tetapi, pada kenyataannya ditemukan beberapa masalah terkait efikasi diri karier mahasiswa tersebut, yakni mahasiswa masih bingung untuk menentukan apa yang harus dilakukan setelah lulus dari program S1 BK UNP Kediri, mahasiswa hanya ikut-ikutan ketika memilih program studi BK UNP, masuk BK UNP hanya karena bujukan dari orangtua, dan beranggapan bahwa program studi BK UNP adalah yang paling mudah jika dibandingkan dengan program studi yang lain. Alternatif untuk meningkatkan efikasi diri karier mahasiswa program studi BK UNP adalah dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan Proses Ground, Understand, Revise, and Use (GURU). FGD adalah proses diskusi yang dilakukan dengan wawancara semi struktur guna mendapatkan data tentang suatu variabel. Proses GURU adalah proses diskusi untuk membicarakan suatu pengalaman yang pernah dialami oleh individu, hingga dari pengalaman tersebut didapatkan suatu pelajaran yang bermakna. Tujuan dari penellitian ini adalah mendapatkan data tentang perbandingan antara penggunaan FGD dengan Proses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 program studi BK UNP Kediri. Metode penelitian yang akan digunakan adalah dengan menggunakan kuantitatif, dengan teknik penelitian quasy eksperimen. Analisa data yang yang digunakan adalah jika data berdistribusi normal maka akan menggunaka uji independent sampel t-test, jika data tidak normal maka uji Mann Whitney. Hasil penelitian yang diharapkan adalah terdapatperbandingan antara penggunaan FGD dengan Proses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 BK UNP Kediri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: fikasi diri karier, FGD, proses GURU
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nora Yuniar Setya Putri
Date Deposited: 08 May 2021 07:19
Last Modified: 26 Jun 2021 05:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3570

Actions (login required)

View Item View Item