Peranan Bauran Promosi dalam Usaha Meningkatkan Penjualan pada Kerajinan Tenun Ikat (ATBM) Cap Medali Mas

Arum, Cahyaning and HAKIMAH, EMA NURZAINUL (2016) Peranan Bauran Promosi dalam Usaha Meningkatkan Penjualan pada Kerajinan Tenun Ikat (ATBM) Cap Medali Mas. In: Strategi Pengembagan UMKM Sebagai Penggerak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, 12 Desember 2016, Kediri.

[img] Text
61201_0727127801_Artikel_Prosiding_Seminar dan Call for Paper_SENMEA 2016_Peranan Bauran Promosi.pdf

Download (308kB)
[img] Text
61201_0727127801_Lembar Peer Review_Artikel_Prosiding_Seminar dan Call for Paper_SENMEA 2016_Peranan Bauran Promosi.pdf

Download (982kB)
[img] Text
61201_0727127801_Similarity_Artikel_Prosiding_Seminar dan Call for Paper_SENMEA 2016_Peranan Bauran Promosi.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senme...

Abstract

Promosi yang dilakukan kerajinan tenun ikat (ATBM) Cap Medali Mas Kediri selama ini belum maksimal yang ditandai dengan target penjualan yang ditetapkan perusahaan belum tercapai dan cakupan pelanggan yang masih sempit yaitu masih disekitar Kediri belum mencakup wilayah regional Jawa Timur bahkan Nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan promosi dalam meningkatkan penjualan produk kerajinan tenun ikat (ATBM) Cap Medali Mas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan kepada 12 responden meliputi 1 pemilik, 3 agen penjualan, 5 pelanggan dan 3 karyawan perusahaan. Pengumpulan data didukung pula dengan dokumentasi berupa foto-foto dengan narasumber dan data internal perusahaan yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini, diuraikan proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkip-transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan- bahan lain agar dapat menyajikan temuannya. Analisis ini melibatkan pengerjaan, pengorganisasian, pemecahaan dan sintesis data serta pencarian pola, pengungkapan pola, dan penetuan apa yang dilaporkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerajinan tenun ikat Cap Medali Mas masih memerlukan perbaikan pelaksanaa promosi yang mendasar pada 3 model bauran promosi yaitu: iklan,penjualan perseorangan dan promosi penjualan. Keywords: peran promosi, bauran promosi, penjualan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Ema Nurzainul Hakimah
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:13
Last Modified: 07 Jun 2021 02:13
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item