PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS IV SDN KELUTAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK

Ardiansyah, Maulana Rahmad and Aka, Kukuh Andri and SANTI, NOVI NITYA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS IV SDN KELUTAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (artikel)
RAMA_86206_14101100054.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (707kB)
[img] Text (SIMILARITY)
RAMA_86206_14101100054_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49kB)
[img] Text (Full text)
RAMA_86206_14101100054.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_14101100054_0713118901_0714118403_01_Front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (718kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_14101100054_0713118901_0714118403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_14101100054_0713118901_0714118403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_14101100054_0713118901_0714118403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_14101100054_0713118901_0714118403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_14101100054_0713118901_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_14101100054_0713118901_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan di SDN Kelutan, masih banyak siswa yang belum aktif dalam pembelajaran, siswa menerima sumber belajar hanya dari guru dan buku tetapi belum mengembangkan keterampilan proses, sehingga aktivitas siswapun belum maksimal. Hal ini, membuat kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia kurang maksimal, ditunjukkan dengan hasil belajar yang rendah sebanyak 65% yang mendapat nilai di bawah KKM 75. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Talk-Write terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model Think-Talk-Write dibanding model Konvensional terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen dengan desain Non Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kelutan 3 Nganjuk terdiri dari 22 siswa pada kelas IV (kelompok eksperimen) dan pada siswa Kelas IV SDN Kelutan 2 sebanyak 22 siswa kelas IV (kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test (uji t paired sampel-test dan uji-t independent sampel t-test). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran Think-Talk-Write berpengaruh terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 9,507 ≥ 2,080 dengan taraf signifikansi 5%. (2) Model pembelajaran Konvensional berpengaruh terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 10,782 ≥ 2,080 dengan taraf signifikansi 5%.(3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model Think-Talk-Write dibanding model Konvensional terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 3,001 ≥ ttabel 2,018 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think-Talk-Write, Keterampilan Mengomunikasikan Pendapat
Subjects: 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language)
710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr MAULANA RAHMAD ARDIANSYAH
Date Deposited: 20 Mar 2021 00:22
Last Modified: 20 Mar 2021 00:22
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item View Item