PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI DONGENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAWA TIMUR BAGI SISWA KELAS 3 SD

Saidah, Karimatus and DAMARISWARA, RIAN (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI DONGENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAWA TIMUR BAGI SISWA KELAS 3 SD. Premiere Educandum, 9 (1). pp. 73-81. ISSN 2528-5173

[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI DONGENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAWA TIMUR BAGI SISWA KELAS III SD)
86206_0710039103.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY TURNITIN)
86206_0710039103_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (PEER REVIEW KARIMATUS SAIDAH)
86206_0710039103_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (444kB)
[img] Text (PEER REVIEW RIAN DAMARISWARA)
86206_0728129001_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mengembangkan bahan ajar materi dongeng yang di peruntukkan kelas tiga sekolah dasar dengan mengangkat kearifan lokal Jawa Timur (2) Mengetahui kevalidan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan (3) Mengetahui kepraktisan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh borg & Gall.Tahapan borg and gall diantaranya sebagai berikut a. analisis kebutuhan dan pengumpulan data, b. Tahap perencanaan, c. pengembangan rancangan produk, d. uji tahap awal (validasi), e. revisi produk awal f. uji coba lapangan terbatas, g. revisi produk, h. uji lapangan, i. penyempurnaan produk akhir, j. diseminasi dan implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang di kembangkan dinyatakan sangat valid, sangat tuntas dan dapat digunakan dengan skor 85.8% berdasarkan hasil validasi dari ahli pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar dilakukan validasi kepada pengguna dan uji coba. Hasl validasi pengguna menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dengan skor 91 %. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa siswa dapat menggunakan bahan ajar dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Karimatus Saidah
Date Deposited: 11 Jan 2021 08:32
Last Modified: 11 Jan 2021 08:32
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item