E-COMMERCE: BERADA DIANTARA PILIHAN MASA DEPAN ATAU KEMBALI KE MASA LALU? (Studi pada Cashback Promo Tokopedia)

KUSUMANINGTYAS, DIAN and ERNESTIVITA, GESTY (2020) E-COMMERCE: BERADA DIANTARA PILIHAN MASA DEPAN ATAU KEMBALI KE MASA LALU? (Studi pada Cashback Promo Tokopedia). Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi PETA, 5 (1). pp. 51-64. ISSN 2528-2581

[img] Text
62402_0703108302_PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text
62402_0703108302_SIMILARITY.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (full text)
62402_0703108302.pdf - Published Version

Download (730kB)
Official URL: http://journal.stieken.ac.id

Abstract

Abstrak. E-Commerce: Berada Diantara Pilihan Masa Depan Atau Kembali Ke Masa Lalu? (Studi pada Cashback Promo Tokopedia). Penetrasi penggunaan internet di Indonesia meningkat secara drastis sejak tahun 2010. Hal ini menjadi suatu peluang bagi bisnis e-commerce di Indonesia. Salah satu bisnis e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia. Pada November 2018 Tokopedia menempati peringkat ke 3 dengan kriteria jumlah pengguna sebagai top rank StartUp Indonesia (Startupranking.com, 2018) dan menempati urutan kedua menurut CNN. Tokopedia mencoba untuk melakukan diferensiasi produk dengan menawarkan pembelajaan dari dana cashback ke produk paper based asset yaitu Reksadana Online. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E- comemerce berpengaruh terhadap Reksadana maupun Pembelian Ulang dengan Perilaku konsumen menjadi moderator. Pendekatan penelitian merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuisioner, yang didistribusikan kepada mahasiswa yang telah melaksanakan perkuliahan pasar modal pada Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri berjumlah 90 mahasiswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Path Analysis. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa promo cashback yang lebih diminati oleh konsumen adalah dengan pembelian ulang dibandingkan dengan berinvestasi di reksadana. Kata Kunci: E-Commerce, Cashback Abstract. E-Commerce: Between the Choices of the Future or Back to the Past? (Study on Tokopedia Cashback Promo). Penetration of internet usage in Indonesia has increased dramatically since 2010. This has become an opportunity for e-commerce businesses in Indonesia. One of the e-commerce businesses in Indonesia is Tokopedia. In November 2018 Tokopedia ranked 3rd with the criteria for the number of users as the top rank of Indonesian StartUp (Startupranking.com, 2018) and ranked second according to CNN. Tokopedia tries to differentiate products by offering learning from cashback funds to paper based asset products, namely Online Mutual Funds. In this study aims to determine whether E-commerce affects the Mutual Funds and Repurchases with Behavior consumers become moderators. The research approach is quantitative research and descriptive research techniques. Methods of data collection by distributing questionnaires, which are distributed to students who have carried out capital market lectures at the Faculty of Economics, Nusantara University PGRI Kediri, amounting to 90 students. Data analysis techniques in this study use Path Analysis. The conclusion of this study is that cashback promos that are more in demand by consumers are by repurchasing compared to investing in mutual funds. Keywords: E-Commerce, Cashback

Item Type: Article
Subjects: 550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Akuntansi
Depositing User: Dian Kusumaningtyas
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:45
Last Modified: 12 Jan 2021 03:31
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item