PROFIL PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNAWICARA DI SDLB Se- KABUPATEN KEDIRI

LUSIANTI, SEPTYANING and KHOLIS, MOH NUR and PUSPODARI, PUSPODARI (2019) PROFIL PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNAWICARA DI SDLB Se- KABUPATEN KEDIRI. In: INTERNATIONAL PROCEEDING OF ICESS, 23 maret 2019, Institute for Islamic Studies (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk.

[img] Text (Full Text)
KODE_0709059001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
KODE_0709059001_PEERPREVIEW.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (531kB)
[img] Text (Similarity)
KODE_0709059001_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Hasil surveI awal yang menjadi pijakan penelitian ini ditukan bahwa pentingnya pendidikan olahraga bagi anak cacat karena mereka mempunyai tingkat inteligensi dibawah rata-rata anak normal, pendidikan jasmani adaptif pada anak tunawicara melibatkan Guru pendidikan jasmani yang telah mendapatkan pelatihan khusus pendidikan jasmani adaptif dan dapat menyusun program pengajaran sehingga dapat disesuaikan dengan keadaan anak cacat dengan keterbatasan yang dimilikinya, jadi anak tunawicara harus diberi perlakuan yang lebih khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tuna rungu di SDLB PGRI Se- Kabupaten Kediri.Penelitian ini merupakan metode survei yang merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 SDLB di Kediri yang meliputi seluruh guru jasmani adaptif . Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel jenuh dan didapatkan sebanyak 13 guru jasmani adaptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tunawicara di SDLB PGRI Se-Kabupaten Kediri pada kategori “kurang sekali” presentase sebesar 0% (0 guru) kategori “kurang” presentase sebesar 23.00% (3 guru) kategori “sedang” presentase sebesar 53.60% (7 guru), kategori “baik” presentase sebesar7.30% (1 guru), kategori “baik sekali” presentase sebesar 15.00% . sedangkan berdasarkan nilai rata-rata yaitu sebesar 22.76%, proses pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB PGRI Se- Kabupaten Kediri berada pada kategori sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 260 Medical science > 276 Sports medicine
340 Health sciences > 361 Sports science
710 Education science > 765 Sports science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Puspodari Puspodari
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:39
Last Modified: 01 Dec 2020 05:39
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item