PROFIL PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNAWICARA DI SDLB Se- KABUPATEN KEDIRI

LUSIANTI, SEPTYANING and KHOLIS, MOH NUR and PUSPODARI, PUSPODARI (2019) PROFIL PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNAWICARA DI SDLB Se- KABUPATEN KEDIRI. In: INTERNATIONAL PROCEEDINGOF ICESS, 23 MARET 2019, IAIPD NGANJUK.

[img] Text (FULL TEXT)
KODE_0725048802.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY)
KODE_0725048802_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (PEEREVIEW)
KODE_0725048802_PEERREVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (619kB)

Abstract

Hasil surveI awal yang menjadi pijakan penelitian ini ditukan bahwa pentingnya pendidikan olahraga bagi anak cacat karena mereka mempunyai tingkat inteligensi dibawah rata-rata anak normal, pendidikan jasmani adaptif pada anak tunawicara melibatkan Guru pendidikan jasmani yang telah mendapatkanpelatihan khusus pendidikan jasmani adaptif dan dapat menyusun programpengajaran sehingga dapat disesuaikan dengan keadaan anak cacat dengan keterbatasan yang dimilikinya, jadi anak tunawicara harus diberi perlakuanyang lebih khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosespembelajaran pendidikan jasmani anak tuna rungu di SDLB PGRI Se- Kabupaten Kediri.Penelitian ini merupakan metode survei yang merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkanfenomena yang ada. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakankuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 SDLB di Kediri yang meliputiseluruh guru jasmani adaptif. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel jenuh dan didapatkan sebanyak 13 guru jasmani adaptif. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tunawicara di SDLB PGRI Se-Kabupaten Kediri pada kategori “kurang sekali”presentase sebesar 0% (0 guru) kategori “kurang” presentase sebesar23.00% (3 guru) kategori “sedang” presentase sebesar 53.60% (7 guru), kategori “baik” presentase sebesar7.30% (1 guru), kategori “baik sekali”presentase sebesar 15.00% . sedangkan berdasarkan nilai rata-rata yaitu sebesar22.76%, proses pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB PGRI Se- Kabupaten Kediri berada pada kategori sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 260 Medical science > 276 Sports medicine
710 Education science > 760 Sports and health education education
710 Education science > 763 Sports and health education
710 Education science > 764 Sports coaching education
710 Education science > 765 Sports science
710 Education science > 766 Sports and other health education not yet listed
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Moh. Nur Kholis
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:16
Last Modified: 13 Jan 2021 05:58
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item View Item