Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun

LESTARININGRUM, ANIK and JAYANTI, RATNA DEWI (2019) Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2 (1). pp. 15-22. ISSN 2621-0339

[img] Text
Artikel Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Uji Plagiasi Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Peer Review Wayang Godong.pdf

Download (527kB)
Official URL: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGA...

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman karakter menghargai pada anak usia 5-6 tahun menggunakan media wayang godong. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan siklus spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari: (a) Perencanaan; (b) Tindakan; (c) Observasi; dan (d) Refleksi. Data penelitian ini diambil dari 16 orang kelompok usia 5-6 tahun TK Sinar Pagi Wonorejo, Kabupaten Tulungagung selama 3 bulan Oktober-Desember 2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakter menghargai dapat ditingkatkan melalui penggunaan media wayang godong. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari pra tindakan pengembangan konsep menghargai diperoleh hasil yang kurang maksimal yaitu dari 16 anak terbukti bahwa dalam berperilaku menghargai yang baik belum muncul sebanyak 50%, Mulai Muncul 30%, berkembang sesuai harapan 15% dan berkembang sangat baik 5%. Contohnya dari perilaku menghargai yang kurang ditunjukan dengan adanya anak yang masih merebut mainan, ada anak yang mendorong temannya, tidak mau berbagi makanan, dan juga perilaku mengejek temannya , hasil tindakan siklus I meningkatkan rata-rata kelas menjadi sebesar 25% dan pada siklus II meningkat 62,5% serta siklus III sebesar 75%. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan media wayang godong sebagai alternatif media pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar serta menyenangkan bagi anak dapat mengeksplorasi berbagai macam pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mengembangkan semua aspek potensial sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Anik Lestariningrum
Date Deposited: 06 Oct 2020 05:15
Last Modified: 06 Oct 2020 05:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item