PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPKATUWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SATUAN WAKTU PADA SISWA KELAS 2 SDN BURENGAN 4 KOTA KEDIRI

Hartini, Putri (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPKATUWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SATUAN WAKTU PADA SISWA KELAS 2 SDN BURENGAN 4 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060090.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060090_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (314kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060090_0730128505_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060090_0730128505_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060090_0730128505_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060090_0730128505_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060090_0730128505_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060090_0730128505_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (160kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060090_0730128505_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Putri Hartini Pengembangan E-Modul FLIPKATUWA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Satuan Waktu Pada Siswa Kelas 2 Sdn Burengan 4 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2025. Kata Kunci: E-modul, FLIPKATUWA, satuan waktu, media pembelajaran, ADDIE Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada tanggal 23 Februari 2025 di SDN Burengan 4 Kota Kediri, yang menunjukkan bahwa banyak siswa kelas II mengalami kesulitan dalam memahami konsep satuan waktu, khususnya dalam membaca tanda waktu pada jam. Pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh penggunaan buku teks dan LKS konvensional tanpa bantuan media interaktif, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep siswa. Berdasarkan evaluasi awal, hanya 40,9% siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menunjukkan perlunya media pembelajaran yang lebih interaktif dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana validitas e-modul FLIPKATUWA pada materi satuan waktu untuk siswa kelas II di SDN Burengan 4? (2) Bagaimana respons siswa terhadap penggunaan e-modul tersebut? (3) Apakah terdapat peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep satuan waktu setelah menggunakan e-modul? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui validitas e-modul FLIPKATUWA pada materi satuan waktu untuk siswa kelas II di SDN Burengan 4; (2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan e-modul; dan (3) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep satuan waktu setelah menggunakan e-modul. Penelitian ini merupakan pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul FLIPKATUWA termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase rata-rata 92,5%, sangat praktis berdasarkan respons siswa sebesar 100% pada uji coba terbatas dan 97% pada uji coba luas, serta efektif meningkatkan pemahaman konsep satuan waktu dengan ketuntasan klasikal 100% pada uji coba terbatas dan 91% pada uji coba luas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul FLIPKATUWA valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika kelas II sekolah dasar, serta disarankan untuk dikembangkan lebih lanjut pada media pembelajaran dan menguji keefektifan e-modul dengan karakter siswa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-module, FLIPKATUWA, time unit, learning media, ADDIE
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Putri Hartini
Last Modified: 12 Aug 2025 11:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22427

Actions (login required)

View Item View Item