PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SDN GONDANG 1

FITO, HENDRI OKTAVIANO (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SDN GONDANG 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060120.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060120_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060120_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060120_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060120_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060120_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060120_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060120_0006096801_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060120_0006096801_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran Matematika, khususnya pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Meskipun guru telah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, pada materi KPK dan FPB masih digunakan media berupa gambar tanpa dukungan audio visual. Sumber belajar yang digunakan terbatas pada buku guru dan buku siswa, dan metode pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi, seperti kurangnya penerapan metode kooperatif, visual, atau pembelajaran aktif. Selain itu, sebagian siswa menunjukkan minat belajar yang rendah terhadap Matematika, yang disebabkan oleh ketidakpahaman materi, perbedaan gaya belajar, serta kurangnya motivasi belajar. Guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, dan beberapa siswa kelas IV belum mampu mengikuti pembelajaran KPK dan FPB dengan baik karena belum tersedia media pembelajaran yang memadai. Hasil belajar siswa juga masih di bawah Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan sebesar 75, terbukti dari rendahnya nilai ulangan harian, di mana hanya sebagian kecil siswa yang mencapai nilai tersebut. Solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada materi KPK dan FPB kelas 4 SDN Gondang 1. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat validitas dari multimedia interaktif berbasis Android dalam menyampaikan materi KPK dan FPB kepada siswa kelas IV; (2) untuk mengukur tingkat kepraktisan media tersebut dalam penggunaannya; dan (3) untuk mengevaluasi tingkat efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Research tipe Development Studies dengan Formative evaluation Tessmer, yang meliputi lima tahap sistematis: evaluasi diri (self evaluation), penilaian ahli (expert review), uji coba individual (one-to- one), uji coba kelompok kecil (small group), dan uji lapangan (field test). Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket observasi untuk guru dan siswa, angket wawancara, angket kebutuhan siswa, lembar validasi oleh ahli media dan materi, angket tanggapan guru dan siswa, serta soal pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian dihasilkan data sebagai berikut, hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik, dengan skor 88% dari ahli media dan 86% dari ahli materi. Kepraktisan media juga dinilai sangat tinggi berdasarkan tanggapan guru sebesar 94%, dan angket respon siswa One To One memperoleh skor sebesar 94%, pada uji coba kelompok kecil Small Group memperoleh skor 96,3%, serta 96,6% pada uji coba lapangan Field Test tergolong kriteria sangat praktis. Sedangkan dari hasil uji efektifitas terhadap 18 siswa menunjukan ketuntasan klasikal, diantaranya dengan uji coba One To One memperoleh skor 100%, Small Group memperoleh skor 86,6% dan Field Test memperoleh skor 84,4%. Dengan demikian multimedia interaktif berbasis android dinyatakan sangat efektif. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SDN Gondang 1, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Android pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas IV sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Android, KPK dan FPB, Pembelajaran Matematika
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fito Hendri Oktaviano
Last Modified: 12 Aug 2025 08:40
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item