SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Yuprastiwi, Yessy and BAGUS SETIAWAN, AHMAD and SAHERTIAN, JULIAN (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_55201_14103020208.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (references)
RAMA_55201_14103020208_0703018704_0707079001.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_14103020208_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian Kinerja guru adalah suatu proses dimana menganalisa kinerja guru dalam pengajarasetiap tahunnya. Dalam kegiatan penilaian kinerja guru selama ini masih menggunkan cara manual yaitu dengan membagikan quisioner-quisinoner yang nantinya di isi oleh guru sendiri. Penilaian kinerja guru yang manual tersebut dikhawatirkan akan bersifat subyektif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah sebuah sistem Pengambil Keputusan menggunakana metode Analytical Hierarchy process (AHP) yang didalam terdapat beberapa kriteria meliputi : Penilai kinerja guru yang dilakukan oleh pemeritah sendiri, Tugas tambahan kerja, kedisiplinan (Absensi) dan TMT di tempat kerja tersebut. Dan masing – masing kriteria memiliki bobot tersendiri sehingga akan menghasilkan penilaian kinerja secara obyekti.f. penelitian ini menggunakan metode AHP dengan menginputkan masing-masing kriteria sebagai patokan dari setiap guru. Di dalam masing- masing kriteria terdapat sub kriteria yang lebih detail. Dipenelitian ini menggunakan sampel 4 orang guru yang sudah memliki masing-masing 4 kriteria meliputi Penilai kinerja guru yang dilakukan oleh pemeritah sendiri, Tugas tambahan kerja, kedisiplinan (Absensi) dan TMT di tempat kerja. Dan masing –masing diberikan bobot berdasarkan pembobotan Thomas L. Saaty. Kemudian menghitung konsistensi menggunakan metode AHP. Jika nilai yang dihasilkan konsisten. Maka dapat juga digunakan sebagai acuan untuk memberikan peringkat dari bobot terendah dampai bobot tertinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords
Subjects: 630 Religion and philosophy > 641 Islam
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Yessy Yuprastiwi
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:37
Last Modified: 28 Aug 2020 03:37
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item