Prasetiantono, Bangga (2025) ANALISIS KEBUGARAN JASMANI SISWA SDN KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_85201_2115030093.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_85201_2115030093_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_85201_2115030093_0709099001_0714078903_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_85201_2115030093_0709099001_0714078903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_85201_2115030093_0709099001_0714078903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_85201_2115030093_0709099001_0714078903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_85201_2115030093_0709099001_0714078903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_85201_2115030093_0709099001_0714078903_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (109kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_85201_2115030093_0709099001_0714078903_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Bangga Prasetiantono Analisis Kebugaran Jasmani Siswa SDN Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Skripsi. Penjaskesrek FIKS UN PGRI Kediri, 11 Juli 2025. Kata Kunci: Physical Activity, Indeks Massa Tubuh (IMT), Kebugaran Jasmani Pendidikan harus dirancang secara menyeluruh, tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga mempertimbangkan kebutuhan keseluruhan siswa. Kesehatan fisik siswa sering kali diabaikan, padahal penting untuk kesiapan belajar, fokus, dan pencapaian akademis. Aktivitas fisik yang minim di kalangan remaja dapat dipengaruhi oleh rasa malas, kurangnya motivasi, dan rendahnya kesadaran mengenai pentingnya hidup sehat. Studi ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara aktivitas fisik dan Indeks Massa Tubuh (IMT) terhadap tingkat kebugaran fisik siswa-siswa di beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang terletak di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif persentase. Objek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas V yang berasal dari SDN Wonocatur, SDN Toyoresmi, SDN Nambaan 1, dan SDN Nambaan 2, yang dipilih dengan metode pengambilan acak sederhana (undian). Data diperoleh melalui Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) untuk menilai kebugaran fisik, yang mencakup Indeks Massa Tubuh (IMT), V Sit and Reach, Sit-up, Squat Thrust, dan Uji PACER. Tingkat kegiatan fisik diukur dengan menggunakan kuesioner Physical Activity Questionnaire for Children (PAQ-C). Hasil IMT menunjukkan 55% siswa tergolong dalam kategori gizi kurang, 30% gizi baik, dan 15% gizi lebih. Dalam Tes V Sit and Reach, 28% siswa berada dalam kategori "baik" dan 23% "rendah". Untuk Squat Thrust, 48% peserta berada dalam kategori "cukup" dan 33% "rendah". Sit-up menunjukkan 40% siswa berada dalam kategori "cukup" dan 30% "rendah". Dalam Tes PACER, 43% siswa berada dalam kategori "baik" dan 28% "rendah". Secara keseluruhan, hasil TKPN menunjukkan 63% siswa berada di kategori kebugaran "cukup", 20% "baik", dan 18% "kurang". Berdasarkan kuesioner PAQ-C, tingkat aktivitas fisik menunjukkan bahwa 70% siswa termasuk dalam kategori "baik" dan 30% "kurang". Walaupun mayoritas responden memiliki status gizi tidak memadai menurut IMT, tingkat kebugaran fisik mereka pada umumnya tergolong dalam kategori "cukup". Terdapat hubungan positif antara tingkat kebugaran fisik dan aktivitas fisik harian, yang terlihat dari mayoritas siswa (70%) yang berada dalam kategori aktivitas fisik "baik". Hal ini mengindikasikan bahwa aktivitas fisik yang memadai dapat berkontribusi signifikan terhadap kebugaran fisik, meskipun status gizi belum ideal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bangga Prasetiantono Analisis Kebugaran Jasmani Siswa SDN Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Skripsi. Penjaskesrek FIKS UN PGRI Kediri, 11 Juli 2025. Kata Kunci: Physical Activity, Indeks Massa Tubuh (IMT), Kebugaran Jasmani Pendidikan harus dirancang secara menyeluruh, tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga mempertimbangkan kebutuhan keseluruhan siswa. Kesehatan fisik siswa sering kali diabaikan, padahal penting untuk kesiapan belajar, fokus, dan pencapaian akademis. Aktivitas fisik yang minim di kalangan remaja dapat dipengaruhi oleh rasa malas, kurangnya motivasi, dan rendahnya kesadaran mengenai pentingnya hidup sehat. Studi ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara aktivitas fisik dan Indeks Massa Tubuh (IMT) terhadap tingkat kebugaran fisik siswa-siswa di beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang terletak di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif persentase. Objek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas V yang berasal dari SDN Wonocatur, SDN Toyoresmi, SDN Nambaan 1, dan SDN Nambaan 2, yang dipilih dengan metode pengambilan acak sederhana (undian). Data diperoleh melalui Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) untuk menilai kebugaran fisik, yang mencakup Indeks Massa Tubuh (IMT), V Sit and Reach, Sit-up, Squat Thrust, dan Uji PACER. Tingkat kegiatan fisik diukur dengan menggunakan kuesioner Physical Activity Questionnaire for Children (PAQ-C). Hasil IMT menunjukkan 55% siswa tergolong dalam kategori gizi kurang, 30% gizi baik, dan 15% gizi lebih. Dalam Tes V Sit and Reach, 28% siswa berada dalam kategori "baik" dan 23% "rendah". Untuk Squat Thrust, 48% peserta berada dalam kategori "cukup" dan 33% "rendah". Sit-up menunjukkan 40% siswa berada dalam kategori "cukup" dan 30% "rendah". Dalam Tes PACER, 43% siswa berada dalam kategori "baik" dan 28% "rendah". Secara keseluruhan, hasil TKPN menunjukkan 63% siswa berada di kategori kebugaran "cukup", 20% "baik", dan 18% "kurang". Berdasarkan kuesioner PAQ-C, tingkat aktivitas fisik menunjukkan bahwa 70% siswa termasuk dalam kategori "baik" dan 30% "kurang". Walaupun mayoritas responden memiliki status gizi tidak memadai menurut IMT, tingkat kebugaran fisik mereka pada umumnya tergolong dalam kategori "cukup". Terdapat hubungan positif antara tingkat kebugaran fisik dan aktivitas fisik harian, yang terlihat dari mayoritas siswa (70%) yang berada dalam kategori aktivitas fisik "baik". Hal ini mengindikasikan bahwa aktivitas fisik yang memadai dapat berkontribusi signifikan terhadap kebugaran fisik, meskipun status gizi belum ideal. |
Subjects: | 710 Education science > 760 Sports and health education education 710 Education science > 761 Physical education, health and recreation 710 Education science > 762 Physical education and health sciences 710 Education science > 763 Sports and health education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Bangga P Bangga Prasetiantono BanggaPrass |
Last Modified: | 08 Aug 2025 15:14 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |