PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA KELAS V SDN SAMBIREJO 1

Siswanto, Aurora Alfitri Damayanti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA KELAS V SDN SAMBIREJO 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060108.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_211406108_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060108_0719048206_0713118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060108_0719048206_0713118901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060108_0719048206_0713118901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060108_0719048206_0713118901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060108_0719048206_0713118901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060108_0719048206_0713118901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (234kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060108_0719048206_0713118901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di kelas V SDN Sambirejo 1, diketahui bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi nilai-nilai Pancasila. Hasil pretest yang berada di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yaitu nilai 75. Selain itu, partisipasi siswa dalam pembelajaran juga tergolong rendah, ditandai dengan minimnya siswa yang aktif menjawab pertanyaan atau terlibat dalam diskusi. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan masih terbatas, seperti buku teks dan video dari YouTube, yang kurang mampu menarik perhatian siswa. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi media pembelajaran yang mampu menyajikan materi secara menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Salah satu alternatif solusi yang ditawarkan adalah pengembangan Media pembelajaran interaktif berbasis game edukatif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan penggunaan Media Interaktif Berbasis Game Edukatif, khususnya pada materi Nilai-nilai Pancasila yang diajarkan kepada siswa kelas V di SDN Sambirejo 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalutation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sambirejo 1 yang berjumlah 28 siswa dengan subjek uji coba terbatas 8 siswa dan subjek uji coba luas 20 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa, dan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif Hasil dari penelitian Media Interaktif Berbasis Game Edukatif pada materi Nilai-nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V SDN Sambirejo 1 adalah sebagai berikut: Media Interaktif di nyatakan sangat valid setelah dilakukan validasi setelah dilakukam oleh ahli media dan materi dengan skor perolehan 90% sehingga tergolong dalam kreteria sangat valid. dari hasil angket respon guru dan siswa pada uji coba terbatas dan luas memperoleh Respon guru mendapat skor sebesar 96% dan 98,21% sehingga tergolong kreteria sangat praktis. Untuk melihat keefektifan multimedia dilihat dari hasil nilai test uji terbatas dan uji luas yang mendapatkan skor 90,62% dan skor 91,25% yang telah melebihi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Dengan demikian,disimpulkan bahwa Media Interaktif Berbasis Game Edukatif pada materi Nilai-nilai Pancasila dapat membantu siswa dalam memahami materi dan telah memenuhi kreteria kevalidan, kepraktisan, keefektifan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Game Edukatif, Pancasila.
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Aurora Alfitri Damayanti Siswanto
Last Modified: 08 Aug 2025 13:58
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item