PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS 4 SDN MRICAN 2

Yahya, Agustina Alaida (2025) PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS 4 SDN MRICAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060068.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060068_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060068_713037304_0005016901_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060068_713037304_0005016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060068_713037304_0005016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060068_713037304_0005016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060068_713037304_0005016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060068_713037304_0005016901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060068_713037304_0005016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

AGUSTINA ALAIDA YAHYA: Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Materi Perubahan Energi Kelas 4 SDN Mrican 2. Skripsi, PGSD, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2025. Kata Kunci : LKPD, CTL, Perubahan Energi Penelitian ini dilatar belakangi karena banyak siswa yang tidak menyimak materi yang disampaikan oleh guru, siswa lebih suka berbicara dengan temannya ketika pembelajaran di kelas, dan siswa jarang menggunakan lembar kerja peserta didik pada materi perubahan wujud energi. Siswa belum dapat memahami dengan baik macam-macam perubahan energi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Materi Perubahan Energi Kelas 4 SDN Mrican 2. (2) Untuk mengetahui kepraktisan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Materi Perubahan Energi Kelas 4 SDN Mrican 2. (3) Untuk mengetahui keefektifan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Materi Perubahan Energi Kelas 4 SDN Mrican 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 27 siswa kelas 4 SDN Mrican 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji kevalidan ahli materi 94% dan skor ahli media 90%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 92%, menunjukkan kategori sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan guru sebesar 96% dan nlai rata-rata kepraktisan siswa 87,85%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 92% dengan kategori sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan menunjukkan rata-rata nilai soal evaluasi pada uji coba terbatas dengan persentase 85,7% dan uji coba luas dengan persentase 89,5%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 87,6% dengan kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi perubahan energi yang dikembangkan untuk kelas 4 SDN Mrican 2 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, CTL, Perubahan Energi
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Agustina Alaida Yahya
Last Modified: 08 Aug 2025 06:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21383

Actions (login required)

View Item View Item