Rahayu, Ina Murni (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANJAREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100052.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100052_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (495kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (500kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (844kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (409kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (44kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100052_0719048206_0714118403_07_lampiran..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitii, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya menjadirendah.Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan yaitu model Kontekstual (CTL). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan tiga rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah model pembelajaran kontekstual (CTL) didukung media benda nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun pelajaran 2021/2022 ? (2) Apakah model pembelajaran kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun pelajaran 2021/2022 ? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual (CTL) didukung media benda nyata dibandingkan dengan model Kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun pelajaran 2021/2022 ? Peneliti ini tujuan yaitu (1) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifiksi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun 2021/22.(2) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun 2021/22.(3) Untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan media benda nyata di banding model pembelajaran kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifiksi mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Banjarejo tahun 2021/22. Peneliti ini menggunakan teknik eksperimen dengan jenis penelitian True Experimental Designs. Rancangan True Experimental Designs dalam penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa lelas IV SDN BAnjarejo kabupaten Nganjuk. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model Kontekstual (CTL) didukungn media benda nyata berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya , hal ini terbukti dengan dilihat nilai t hitung dan nilai rata-rata memuaskan thitung (7,102) > ttabel 5% (2,093), dengan nilai rerata 86,00 yang sudah mencapai ketuntasan minimum.(2) Model Kontekstual (CTL) tanpa didukung media benda nyata Signifikan tetapi hasil t- hitungnya dan nilai rata rata kurang memuaskan , hal ini dilihat dari thitung (3,716) > ttabel 5% (2,093), dengan nilai rerata pretest 60,50 meningkat menjadi 73,25.tetapi hasil rerata belum mencapai ketuntasan minimum.(3) Ada perbedaan pengaruh Model Kontekstual (CTL) didukung media benda nyata dibanding Model Kontekstual (CTL) Tanpa media terhadap kemampuan mengidentifikasi bagian bunga dan fungsinya pada siswa kelas IV A-B SDN Banjarejo dengan keunggulan Model Kontekstual (CTL) didukung media benda nyata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontekstual (CTL) didukung media benda nyata, Mengidentifikasi Bagian bunga dan fungsinya |
Subjects: | 200 Animal science > 212 Social economy of domestic economy 260 Medical science > 279 Physical medicine and rehabilitation 710 Education science > 722 Historical education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | INA MURNI RAHAYU |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:07 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21181 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANJAREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANJAREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |