MINAT SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SLB RAHARJA SEJAHTERA KANDANGAN

Armadianto, Okki Putra (2025) MINAT SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SLB RAHARJA SEJAHTERA KANDANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_85201_2115030136.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_85201_2115030136_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (909kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_2115030136_0709059001_0730048903_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_85201_2115030136_0709059001_0730048903_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_85201_2115030136_0709059001_0730048903_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_85201_2115030136_0709059001_0730048903_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_85201_2115030136_0709059001_0730048903_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_85201_2115030136_0709059001_0730048903_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_85201_2115030136_0709059001_0730048903_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak tunarungu. Hasil observasi di SLB Raharja Sejahtera Kandangan menunjukkan bahwa tidak terdapat guru dengan latar belakang pendidikan jasmani yang mengampu mata pelajaran tersebut. Kondisi ini berpotensi menyebabkan penerapan pendidikan jasmani adaptif tidak berjalan secara optimal, sehingga siswa menjadi kurang termotivasi atau kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani adaptif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Seberapa besar minat siswa berkebutuhan khusus tunarungu terhadap pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB Raharja Sejahtera Kandangan? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas Tunarungu SLB Raharja Sejahtera Kandangan. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus, menggunakan instrumen kuesioner yang diiberikan kepada siswa yang menjadi subyek penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah minat siswa berkebutuhan khusus tunarungu terhadap pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB Raharja Sejahtera Kandangan tersebar dalam lima kategori sebagai berikut: kategori sangat tinggi sebesar 20%, tinggi 10%, sedang 30%, rendah 40%, dan sangat rendah 0%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori rendah, yaitu sebesar 40%, sehingga secara keseluruhan minat siswa dapat dikategorikan rendah. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Pentingnya penyusunan strategi pembelajaran yang lebih komunikatif, menarik, dan interaktif dalam pendidikan jasmani adaptif. Guru pendidikan jasmani di SLB perlu memahami karakteristik siswa tunarungu secara mendalam agar dapat merancang kegiatan yang sesuai, menyenangkan, dan mampu membangkitkan ketertarikan serta semangat belajar siswa. (2) hasil ini dapat memberikan dasar bagi pengambil kebijakan dan pihak sekolah untuk memberikan pelatihan atau pendampingan kepada guru dalam menyusun model pembelajaran adaptif yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ABK Tunarungu, Minat, Pendidikan Jasmani Adaptif.
Subjects: 710 Education science > 761 Physical education, health and recreation
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Okki Putra Armadianto
Last Modified: 07 Aug 2025 16:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20993

Actions (login required)

View Item View Item