Prasetiya, Amadia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KASEBA (KANTONG SEGI BANYAK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BENDUNGAN 1 TAHUN 2025. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060229.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060229_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060229_0701128306_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060229_0701128306_0728129001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (653kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060229_0701128306_0728129001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (754kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060229_0701128306_0728129001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (967kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060229_0701128306_0728129001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060229_0701128306_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (413kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060229_0701128306_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
AMADIA PRASETIYA : Pengembangan Media Pembelajaran Kaseba (Kantong Segi Banyak) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bendungan 1 Tahun 2025, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2025 Kata Kunci : Media pembelajaran, hasil belajar, bangun datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti, bahwa pembelajaran Matematika materi bangun datar di SD Negeri Bendungan 1 masih didominasi pada peran guru dan tidak adanya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai KKTP. Mengetahui hal ini penulis tertarik untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yaitu Kaseba (Kantong Segi Banyak) sebagai media yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Kaseba (Kantong Segi Banyak) untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri Bendungan 1 tahun 2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa SD kelas IV. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kevalidan, angket kepraktisan, pretest, dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan sebagai berikut. 1) uji kevalidan untuk mengetahui kevalidan dari media pembelajaran Kaseba, 2) uji kepraktisan dengan menggunakan skala likert untuk mengetaui kepraktisan media pembelajaran Kaseba, 3) Uji keefektifan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan dari media pembelajaran Kaseba Media yang dikembangkan melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi. Dapat diketahui bahwa media layak digunakan, karena memperoleh skor 87,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan dari angket respon guru dengan skor 94% dengan kriteria sangat praktis. Hasil kepraktisan dari angket respon siswa mendapatkan skor 90% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga media pembelajaran Kaseba dapat dikatakan praktis. Nilai pretest memperoleh rata-rata 55,93 dan nilai posttest memperoleh rata-rata 91,43. Sehingga didapatkan hasil nilai N-Gain sebesar 0,81 dengan kriteria tinggi. Sehingga media pembelajaran Kaseba dapat dikatakan efektif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Kaseba (Kantong Segi Banyak) dikatakan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri Bendungan 1 tahun 2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, hasil belajar, bangun datar. |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | AMADIA PRASETIYA |
Last Modified: | 07 Aug 2025 17:30 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |