PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAMAN DUBIN (DUNIA BINATANG) BERBASIS PERMAINAN TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI METAMORFOSIS HEWAN KELAS III SDN SUKORAME 2

Pingkan, Sendy Narulita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAMAN DUBIN (DUNIA BINATANG) BERBASIS PERMAINAN TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI METAMORFOSIS HEWAN KELAS III SDN SUKORAME 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060110.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060110_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060110_0721048003_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060110_0721048003_0701128306_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060110_0721048003_0701128306_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060110_0721048003_0701128306_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060110_0721048003_0701128306_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060110_0721048003_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060110_0721048003_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas III SDN Sukorame 2. Dari hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa 30 dari 59 siswa mengalami kesulitan memahami materi metamorfosis hewan, yang ditunjukkan dengan nilai di bawah KKTP 75. Pembelajaran yang kurang bervariasi, hanya menggunakan video dan buku ajar tanpa media nyata, membuat siswa pasif, kurang tertarik, dan hasil belajar belum optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan pengembangan media pmbelajaran Taman Dubin berbasis permainan tebak gambar terhadap hasil belajar pada materi metamorfosis hewan Siswa Kelas III SDN Sukorame 2, (2) untuk mengetahui kepraktisan pengembangan media pembelajaran Taman Dubin berbasis permainan tebak gambar terhadap hasil belajar pada materi metamorfosis hewan Siswa Kelas III SDN Sukorame 2, (3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran Taman Dubin berbasis permainan tebak gambar terhadap hasil belajar pada materi metamorfosis hewan Siswa Kelas III SDN Sukorame 2. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode (R&D) Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tempat penelitian di SDN Sukorame 2 dengan subjek 59 siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validasi ahli media dan ahli materi, angket guru dan siswa, dan soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kevalidan media pembelajaran Taman Dubin diperoleh dari hasil validator media dengan skor 84% dan validator materi memperoleh skor 100% dengan hasil nilai rata-rata skor 92% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan, (2) kepraktisan media Taman Dubin diperoleh dari angket respon guru dengan skor 93% dan angket respon siswa memperoleh skor 92,5% dengan hasil nilai rata-rata 92,75% dengan kriteria sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perbaikan, (3) keefektifan media Taman Dubin pada uji coba terbatas memperoleh hasil nilai N-gain score sebesar 0,8043 dan luas sebesar 0,7770 dengan kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan media pembelajaran Taman Dubin (Dunia Binatang) berbasis permainan tebak gambar ini sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran materi metamorfosis hewan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Taman Dubin, Tebak Gambar, Hasil Belajar.
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sendy Narulita Pingkan
Last Modified: 07 Aug 2025 14:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20858

Actions (login required)

View Item View Item