PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SISTEM GERAK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ASICC UNTUK MENGUATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI

Kirana, Ratna Valentina Dian Laksmi Candra (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SISTEM GERAK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ASICC UNTUK MENGUATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_2115020010.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_2115020010_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2115020010_0713088605_0729108201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (939kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2115020010_0713088605_0729108201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2115020010_0713088605_0729108201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2115020010_0713088605_0729108201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2115020010_0713088605_0729108201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2115020010_0713088605_0729108201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (407kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2115020010_0713088605_0729108201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi, wawancara, serta analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) di SMAN 1 Prambon. Hasil analisis LKS diketahui komponennnya meliputi judul, tujuan pembelajaran yang belum mencantumkan model pembelajaran, profil pelajar pancasila, pemantik materi, ringkasan materi, aktivitas belajar yang belum berupa literasi dan numerasi. LKS dikerjakan secara individu dan memuat 5 soal yang level kognitifnya tergolong dalam model soal LOTs dengan hasil analisis total skor 100% dengan rincian C1 20%, C2 40%, C3 40% yang dialamnya belum memuat literasi dan numerasi. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada materi sistem gerak berbasis model pembelajaran ASICC untuk menguatkan kompetensi literasi numerasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Tessmer. Metode penelitian ini menghasilkan suatu produk perangkat pembelajaran. Penelitian pengembangan ini difokuskan pada dua tahap yaitu tahap Preliminary (tahap persiapan, dan tahap pendesainan) dan tahap Prototype yang menggunakan alur Formative Evaluation (Self evaluation, expert review, One-to-one evaluation, small group, dan Field test). Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Prambon selama enam bulan. Hasil dari penelitian ini adalah desain LKPD sistem gerak berbasis model pembelajaran ASICC yang sudah divalidasi dan dinyatakan cukup valid oleh pembahas ahli dan pembahas praktisi. LKPD dapat dengan mudah diterima peserta didik dan dapat menguatkan kompetensi literasi numerasi karena pada tahap adapting peserta didik diberikan stimulus berupa video yang memuat informasi, tahap searching peserta didik mampu mencari informasi kunci, tahap interpreting peserta didik mampu menyelesaikan pertanyaan yang memuat literasi numerasi, tahap creating peserta didik mampu menuangkan ide dalam bentuk poster¸ dan tahap communicating peserta didik mampu mengkomunikasikan produk pada media sosial serta mempresentasikan hasil di depan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Sistem Gerak, ASICC, Literasi Numerasi
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Ratna Valentina Dian Laksmi Candra Kirana
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:35
Last Modified: 07 Aug 2025 08:35
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20469

Actions (login required)

View Item View Item