Septiani, Segti Nur (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBANTUAN GAME EDUKASI DIGITAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA JAWA TIMUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN BURENGAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060200.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060200_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060200_0710039103_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060200_0710039103_0713078602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060200_0710039103_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (624kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060200_0710039103_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060200_0710039103_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060200_0710039103_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (413kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060200_0710039103_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK SEGTI NUR SEPTIANI: Pengembangan Game Edukasi Digital Pada Materi Keragaman Budaya Jawa Timur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDN Burengan 1 Kata Kunci : Game Edukasi, Keragaman budaya, Jawa timur Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak siswa yang masih kesulitan menjawab pertanyaan yang diberikan guru mengenai keragaman budaya. Kurangnya pemahaman siswa dalam materi keragaman budaya dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya yaitu menurunnya antusias siswa dalam belajar siswa, siswa bosan dengan pembelajaran yang menggunakan ceramah, tidak adanya media yang menunjang pembelajaran, materi keragaman budaya di jawa timur belum diajarkan secara khusus. Siswa mendapat hasil belajar yang tergolong rendah dengan rata-rata 65%, nilai tersebut berada dibawah KKM. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan Game Edukasi Digital Pada Materi Keragaman Budaya Jawa Timur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDN Burengan 1. (2) Untuk mengetahui kepraktisan Game Edukasi Digital Pada Materi Keragaman Budaya Jawa Timur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDN Burengan 1. (3) Untuk mengetahui keefektifan Game Edukasi Digital Pada Materi Keragaman Budaya Jawa Timur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDN Burengan 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas IV SDN Burengan 1. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angke validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan siswa, soal pretest dan posttest. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji kevalidan memperoleh skor ahli materi 96% dan skor ahli media 90%. Rata-rata nilai hasil kevalidan yaitu sebesar 93% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan guru 82% dan skor respon siswa 90%. Dari kedua nilai tersebut dapat diakumulasikan dan memperolah persentase 86% dengan kriteria praktis. (3) Hasil uji keefektifan game edukasi mendapat rata-rata soal pretest 66,25%. Kemudian, rata-rata nilai post test sebesar 89,25%. Nilai tersebut telah memenuhi KKTP dengan kriteria efektif. Dapat disimpulkan bahwa Game Edukasi Digital Pada Materi Keragaman Budaya Jawa Timur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDN Burengan 1 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Keragaman budaya, Jawa timur |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Segti Nur Septiani |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:19 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |