PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MATERI WUJUD BENDA DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS 4 DI SDN 5 SUMBERKEPUH

Cahyani, Ira Destiana Cahyani (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MATERI WUJUD BENDA DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS 4 DI SDN 5 SUMBERKEPUH. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_82606_2014060035.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060035_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_82606_2014060035_0706128701-0710128902-01-front-ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (774kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_82606_2014060035_0706128701-0710128902-02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_82606_2014060035_0706128701-0710128902-03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_82606_2014060035_0706128701-0710128902-04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_82606_2014060035_0706128701-0710128902-05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_82606_2014060035_0706128701-0710128902-06_REF.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_82606_2014060035_0706128701-0710128902-07_LAMP.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Ira Destiana Cahyani Pengembangan LKPD berbasis TPACK untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Wujud Benda dan Perubahan Wujud Benda Kelas 4 di SDN 5 Sumberkepuh, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri 2025. Kata kunci: LKPD berbasis TPACK, model pengembangan ADDIE, wujud benda dan perubahan wujud benda, hasil belajar. Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, penggunaan LKPD yang ada di SDN 5 Sumberkepuh terdapat permasalahan. Permasalahan yang ditemukan pada saat observasi adalah (1) siswa sulit memahami materi yang diajarkan guru, (2) materi yang diberikan lebih banyak melalui penugasan, (3) LKPD yang diberikan oleh guru kurang bervariasi dan kurang menarik sehingga siswa cenderung kurang motivasi untuk mengerjakan tugas yang diberikan, (4) LKPD yang di print out dianggap kurang menarik karena hitam putih, sedangkan sebagian besar siswa sudah memanfaatkan smartphone/laptop dalam proses pembelajaran, (5) siswa setuju apabila dikembangkan LKPD, materi yang mudah dipahami serta memiliki tampilan yang menarik. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE yang memiliki empat tahapan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Peneliti ini menggunakan instrument berupa lembar validasi perangkat pembelajaran dan materi, angket respon guru, angket respon siswa, dan pre test serta post test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis TPACK pada materi wujud benda dan perubahan wujud benda. Teknik pengumpulan data berupa teknik analisis data yaitu wawancara, observasi, angket, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis TPACK dengan presentase penilaian kevalidan materi 97,5% dan kevalidan perangkat pembelajaran 87,5% dengan kategori sangat valid, perolehan presentase kepraktisan 90 % diperoleh dari respon guru sedangkan respon siswa 90% dengan kategori sangat praktis dan hasil pre test dan post test memperoleh rata-rata 0,95 dengan kategori sangat efektif. Hal ini menyatakan bahwa pengembangan LKPD berbasis TPACK layak untuk digunakan dan diterapkan di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis TPACK, model pengembangan ADDIE, wujud benda dan perubahan wujud benda, hasil belajar.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 111 Physics
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ira Destiana Cahyani
Last Modified: 06 Aug 2025 15:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19902

Actions (login required)

View Item View Item