Romanti, Bintang Cahya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ULAR TANGGA MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS V SD NEGERI MOJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060074.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060074_0719048206_0713118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (873kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060074_0719048206_0713118901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (360kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060074_0719048206_0713118901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (564kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060074_0719048206_0713118901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060074_0719048206_0713118901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060074_0719048206_0713118901_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (161kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060074_0719048206_0713118901_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060074_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbentuk permainan ular tangga pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di kelas V-b Sd Negeri Mojo, khususnya pada materi keragaman budaya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru masih didominasi ceramah dan media yang digunakan adalah video pembelajaran youtube, sehingga kurang menarik perhatian siswa dan menyebabkan rendahnya pemahaman terhadap materi. Media pembelajaran interaktif ular tangga ini dirancang agar siswa dapat belajar sambil bermain. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan siswa, serta soal evaluasi untuk mengukur efektivitas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V-b SD Negeri Mojo sejumlah 28 siswa, dengan uji coba terbatas melibatkan 7 siswa dan uji coba skala luas melibatkan 21 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif untuk menilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk melalui perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid. Hasil validasi uji kevalidan media mendapatkan hasil persentase 88%, sedangkan hasil uji validasi materi mendapatkan hasil persentase sebesar 86%. Hasil uji coba kepraktisan media dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 86%, sedangkan angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 94,2%. Sementara itu hasil uji keefektifan menyatakan bahwa media yang dinyatakan sangat efektif dan mampu meningkatkan pemahaman siswa. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 7 siswa mendapatkan persentase sebesar 100%, sedangkan pada uji coba luas mendapatkan persentase 90%. Maka media pembelajaran interaktif ular tangga dikatakan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif ular tangga materi keragaman budaya pada pembelajaran PPKN di kelas V SD memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, ular tangga interaktif, keragaman budaya, PPKN, pengembangan media |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Bintang Cahya Romanti |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:35 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |