PENGARUH SUPPORT GROUP DALAM MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE DI SMKN 1 TANJUNGANOM

Zhafira, Zahra (2025) PENGARUH SUPPORT GROUP DALAM MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE DI SMKN 1 TANJUNGANOM. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_19101010011.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010011_0705068605_0702068903_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010011_0705068605_0702068903_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010011_0705068605_0702068903_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010011_0705068605_0702068903_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010011_0705068605_0702068903_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_19101010011_0705068605_0702068903_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (408kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010011_0705068605_0702068903_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (980kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah menghadirkan dampak positif maupun negatif dalam kehidupan remaja, salah satunya adalah meningkatnya kecanduan terhadap game online. Fenomena ini berdampak pada penurunan prestasi akademik, gangguan sosial, dan emosional pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh support group dalam mengurangi kecanduan game online pada siswa kelas XI di SMKN 1 Tanjunganom. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik penelitian experimen desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 7 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria kecanduan game online. Pengumpulan data menggunakan skala kecanduan game online dengan 40 item pernyataan, diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS. Setiap tahapan dalam support group dirancang untuk membantu siswa secara bertahap mengenali masalah, membangun kebersamaan, dan belajar mengatasi kecanduan game online. Mulai dari sesi pertama dengan saling mengenal (forming) dan mengungkapkan perasaan serta pengalaman (storming), lalu pada sesi kedua yakni menyusun strategi bersama (norming), pada sesi ketiga mempraktikkan perubahan dalam kehidupan sehari-hari (performing), dan pada sesi keempat diakhiri dengan refleksi serta rencana keberlanjutan (adjourning). Selama proses ini, siswa aktif berdiskusi, saling memberi dukungan, dan mencoba teknik yang dipelajari, seperti mengatur waktu bermain. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan skor kecanduan game online setelah diberikan perlakuan support group, yang dibuktikan melalui uji paired sample t-test dengan hasil signifikansi < 0,001 (<0,05) dan t-hitung (8,577) lebih tinggi dari t-tabel (2,447). Temuan ini membuktikan bahwa support group berpengaruh dalam membantu siswa mengurangi kecanduan game online melalui dukungan emosional, pemahaman antar teman sebaya, serta pengembangan strategi coping yang sehat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru Bimbingan dan Konseling serta praktisi pendidikan dalam menerapkan intervensi berbasis kelompok untuk menangani masalah perilaku adiktif pada remaja. Saran untuk penelitian selanjutnya dianjurkan untuk menguji efektivitas pendekatan serupa pada kelompok yang lebih beragam atau dengan menggunakan bentuk intervensi lain, seperti konseling individual maupun pendekatan berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Support Group, Kecanduan Game Online
Subjects: 710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ZAHRA ZHAFIRA
Last Modified: 06 Aug 2025 04:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item