Aprianny, Fanny Rahma Eka (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010032.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010032_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010032_0713087101_0705096503_01_front_ref - Copy.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010032_0713087101_0705096503_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010032_0713087101_0705096503_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010032_0713087101_0705096503_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010032_0713087101_0705096503_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (108kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010032_0713087101_0705096503_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (144kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010032_0713087101_0705096503_07_lam.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam permasalahan matematika pada materi aritmatika sosial. Hal ini disebabakan oleh proses pembelajaran yang kurang bermakna, sehingga berdampak pada penguasaan konsep matematika. Selain itu, pembelajaran yang didominasi oleh guru, di mana penyampaian materi dilakukan secara verbal tanpa melibatkan siswa secara aktif, menyebabkan peran siswa pasif terbatas pada mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan latihan soal tanpa keterlibatan kognitif yang optimal. Kurangnya keterlibatan ini berdampak langsung pada rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Mereka tidak terbiasa mengungkapkan ide, menjelaskan proses penyelesaian, atau berdiskusi mengenai konsep yang dipelajari, sehingga komunikasi matematis sebagai salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran matematika belum berkembang secara optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut dlakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik yakni model pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara konsep matematika dengan situasi nyata. Agar proses pembelajaran semakin interaktif, model ini dipadukan dengan media E-LKPD yang dirancang untuk memfasilitasi eksplorasi konsep, diskusi, serta penyampaian gagasan matematis secara lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan E-LKPD pada SMPN 2 Kepung pada materi aritmetika sosial. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 2 Kepung pada materi aritmetika sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain One-Group Pretest Posttest Desighn. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kepung kelas VII-D. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi aktivitas guru, angket respon siswa dan Pretest Posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas data menggunakan bantuan program IBM SPSS version 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: (1) Penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan E-LKPD baik untuk diterapkan, hal ini ditunjukan dengan rata-rata hasil observasi yaitu 88,04% dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa yaitu 83,97% dengan kategori positif. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran matematika realistik berbantuan E-LKPD pada materi aritmetika sosial. Ditunjukan dari hasil Pretest Posttest tiga indikator kemampuan komunikasi matematis menurut NCTM, indikator mengekspresikan ide-ide matematika secara lisan dan tertulis mengalami peningkatan sebesar 76,5%, indikator yang kedua yaitu memahami, menginterpretasi dan mengevaluasi ide-ide matematika secara lisan dan tertulis mengalami peningkatan sebesar 92%, dan indikator ketiga yaitu indikator menggunakan istilah dan notasi matematika untuk menyajikan ide-ide serta menggambarkan hubungan dan model situasi secara lisan dan tertulis mengalami peningkatan sebesar 91,5%. Berdasarkan peningkatan setiap indikator kemampuan komunikasi matematis yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis, E-LKPD, Aritmatika Sosial |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fanny Rahma Eka Aprianny |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:56 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |