PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI 2D BERBASIS SCRATCH 3 PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK & FPB KELAS V SEKOLAH DASAR

Agustin, Nabita Soniya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI 2D BERBASIS SCRATCH 3 PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK & FPB KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060063.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060063_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060063_0713037304_0005016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (987kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060063_0713037304_0005016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060063_0713037304_0005016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060063_0713037304_0005016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060063_0713037304_0005016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060063_0713037304_0005016901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060063_0713037304_0005016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

KPK dan FPB merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar karena berperan dalam penyelesaian berbagai masalah sehari-hari, seperti pengaturan jadwal, pembagian benda, maupun perhitungan waktu. Meski demikian, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Berdasarkan hasil observasi di SDN Macanan 1, ditemukan bahwa kesulitan tersebut disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Oleh sebab itu, pengembangan media animasi 2D berbasis Scratch 3 diharapkan dapat menjadi solusi untuk membantu siswa dalam memahami konsep KPK & FPB secara lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi 2D berbasis Scratch 3 pada pembelajaran matematika materi KPK & FPB kelas V sekolah dasar. Rumusan masalah pada penelitian ini mencakup bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media Animasi 2D berbasis Scratch 3 pada pembelajaran matematika materi KPK & FPB kelas V sekolah dasar. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media animasi 2D berbasis Scratch 3 pada pembelajaran matematika materi KPK & FPB kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaliasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 28 siswa kelas V SD Negeri Macanan 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi 2D berbasis Scratch 3 yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 1) Uji validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 81,25% dan uji validasi ahli media sebesar 82,5%; 2) Kepraktisan berdasarkan respon guru mencapai 92,5% dan respon siswa 98,25% dan pada uji coba terbatas dan 98,6% pada uji coba luas; 3) Keefektifan diperoleh melalui hasil nilai siswa pada uji coba terbatas diperoleh hasil sebesar 79,3%, sedangkan uji coba luas diperoleh hasil sebesar 83,2%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media animasi 2D berbasis Scratch 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi KPK & FPB di kelas V SD Negeri Macanan 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Scratch 3, KPK & FPB
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nabita Soniya Agustin
Last Modified: 05 Aug 2025 13:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item