Wicaksono, Awan (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC DAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAKNAI TEKS NARASI KELAS IV SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060226.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060226_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060226_0713118901_0725076201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (629kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060226_0713118901_0725076201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (632kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060226_0713118901_0725076201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (672kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060226_0713118901_0725076201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (882kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060226_0713118901_0725076201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060226_0713118901_0725076201_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (350kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060226_0713118901_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam menyikapi kemajuan zaman yang semakin canggih ini, sangat diperlukan setiap individu untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Level berpikir kritis merupakan tahapan berpikir mulai tingkat menganalisis (C4), mengevalusi (C5), dan menciptakan (C6) yang sering juga disebut High Order Thinking Skills (HOTS). Low Order Thinking Skills (LOTS) menjadi fondasi penting dalam mengembangkan kemampuan HOTS, karena tanpa penguasaan terhadap informasi dasar dan konsep awal, siswa tidak akan mampu melakukan analisis, evaluasi, maupun kreasi secara mendalam. Mengingat (C1) merupakan hal dasar yang menjadi landasan pertama pada pengetahuan. Salah satu cara agar dapat mengingat adalah dengan membaca. Salah satu sumber bacaan yang dapat dibaca siswa adalah teks narasi. Oleh karena itu pembelajaran teks narasi menjadi hal penting sebagai dasar pada tingkat berpikir awal atau LOTS yang menjadi fondasi pada HOTS. Namun, pada kenyataannya, pada pembelajaran materi teks narasi pada SDN Burengan 2 siswa sering kali merasa kebingungan. Hal ini terlihat dari respons siswa yang pasif saat sesi tanya jawab, kesulitan dalam mengerjakan tugas, serta sikap diam atau takut ketika ditanya oleh guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV, kebingungan ini berkaitan erat dengan rendahnya motivasi membaca siswa. Siswa yang tidak memiliki minat atau dorongan untuk membaca cenderung tidak memahami isi teks dengan baik, selain itu menurut guru kelas IV terdapat sekitar 20 anak dari 30 (66,6%) siswa dalam satu kelas suka langsung membaca pertanyaan yang disediakan daripada membaca teks narasi terlebih dahulu. Berdasarkan hasil angket seluruh kelas IV berjumlah 53 responden menunjukan bahwa 47% siswa sulit menemukan pesan moral dalam cerita, 54% siswa mengaggap pembelajaran teks narasi membingungkan, dan 76% siswa membutuhkan alat bantu seperti gambar untuk memudahkan memahami cerita. Hasil pretest juga menunjukan kelas IV A dan IV B dibawah nilai KKTP yaitu 68 dan 39. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC dan media pembelajaran puzzle bergambar terhadap kemampuan memaknai teks narasi pada siswa kelas IV B SDN Burengan 2 Kota Kediri; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan memaknai teks narasi pada siswa kelas IV A SDN Burengan 2 Kota Kediri; dan 3) Mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran RADEC dan media pembelajaran puzzle bergambar terhadap kemampuan memaknai teks narasi pada siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen (quasi-experimental research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah kelas IV A dan IV B sejumlah 24 anak dan 26 anak. Kelas IV A sebagai kelas kontrol, sedangkan IV B sebagai kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2025 di SDN Burengan 2 Kota Kediri. Instrumen penelitian menggunakan tes sejumlah 25 soal yang akan divalidasi oleh ahli bahasa dan sastra Indonesia, butir soal, dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan uji non-parametrik yaitu uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis 1 dan 2, uji Mann-Whitney untuk menguji hipotesis 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Model Pembelajaran RADEC dan Puzzle bergambar pada kelas eksperimen IV B berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memaknai teks narasi dengan nilai signifikansi < 0.05, Pada kelas kontrol IV A yang menggunakan perlakuan hanya model pembelajaran RADEC saja juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memaknai teks narasi. Berdasarkan hasil Uji Mann-Whitney U, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kelas IV B dan IV A, hal ini dibuktikan dengan hasil N-Gain kelas IV B lebih tinggi yaitu 0,45 daripada IV A yaitu 0,39. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC dan puzzle bergambar berpengaruh dalam menaikan kemampuan memaknai teks narasi peserta didik lebih tinggi daripada model pembelajaran RADEC saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, RADEC, Puzzle Bergambar, Teks Narasi, Sekolah Dasar |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Awan Wicaksono |
Last Modified: | 05 Aug 2025 10:27 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |