Ashari, Putri Mu awanah (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEER KONSELING DENGAN PENDEKATAN BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA SMKN 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2114010037.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010037_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (146kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010037_0728038206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (592kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010037_0728038206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (396kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010037_0728038206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010037_0728038206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (414kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010037_0728038206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010037_0728038206_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (156kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010037_0728038206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Putri Mu’awanah Ashari: Efektivitas penerapan peer konseling dengan pendekatan berfokus solusi untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa SMKN 3 Kediri Kata Kunci: peer konseling, pendekatan berfokus solusi, perilaku disiplin, bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya pelanggaran kedisiplinan siswa di SMKN 3 Kediri, seperti keterlambatan hadir ke sekolah, pelanggaran berpakaian, penggunaan make-up berlebihan, serta kurangnya sopan santun kepada guru. Masalah kedisiplinan di sekolah kejuruan menjadi perhatian serius karena berkaitan erat dengan pembentukan karakter siswa dan kesiapan mereka menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan peer konseling dengan pendekatan berfokus solusi untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa SMKN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMKN 3 Kediri, dengan sampel penelitian sebanyak delapan siswa kelas XI yang memiliki tingkat kedisiplinan rendah, serta satu siswa yang dipilih sebagai peer konselor melalui kriteria tertentu. Peer konselor terlebih dahulu diberikan pelatihan mengenai pendekatan berfokus solusi sebelum memberikan treatment. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala perilaku disiplin yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor perilaku disiplin setelah pemberian treatment. Nilai rata-rata pre-test siswa adalah 67,375, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 96,875. Uji statistik menghasilkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000, nilai t-hitung sebesar -11,325, dan nilai t-tabel sebesar ±2,3646 (pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 7). Karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (11,325 > 2,3646) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan (Ha) diterima bahwa, penerapan peer konseling dengan pendekatan berfokus solusi efektif dalam meningkatkan perilaku disiplin siswa SMKN 3 Kediri. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat menjadi alternatif layanan bimbingan dan konseling yang praktis dan tepat sasaran untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam konteks sekolah kejuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peer konseling, pendekatan berfokus solusi, perilaku disiplin, bimbingan dan konseling. |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Putri Mu'awanah Ashari |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:32 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |