PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERIAL CARD PADA KEMAMPUAN BERCERITA TEKS NARASI SISWA KELAS IV SDN TAROKAN 3

Susanti, Mia Aprilia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERIAL CARD PADA KEMAMPUAN BERCERITA TEKS NARASI SISWA KELAS IV SDN TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060199.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060199_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060199_0728129001_002086508_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060199_0728129001_002086508_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060199_0728129001_002086508_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060199_0728129001_002086508_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060199_0728129001_002086508_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060199_0728129001_002086508_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (110kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060199_0728129001_002086508_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada materi teks narasi. Sebagian siswa malas mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia karena berisi teks penuh. Banyak siswa yang menganggap materi teks narasi sangat membosankan dan kurang menarik, hal ini terlihat ketika pembelajaran di kelas siswa lebih suka berbicara dengan temannya dibandingkan menyimak materi teks narasi yang disampaikan oleh guru. Rendahnya pemahaman materi bercerita teks narasi dapat mempengaruhi keterampilan berbicara yang dimiliki oleh siswa pada materi bercerita teks narasi. Sebanyak 78,7% hasil ulangan harian siswa materi teks narasi masih berada di bawah KKM. Sedangkan, hanya 21,3% yang sudah berada di atas KKM. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran serial card dalam memahami kemampuan bercerita teks narasi siswa kelas IV SDN Tarokan 3. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran serial card dalam memahami kemampuan bercerita teks narasi siswa kelas IV SDN Tarokan 3. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran serial card dalam memahami kemampuan bercerita teks narasi siswa kelas IV SDN Tarokan 3 Penelitian ini menggunakan metode (R&D) (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tarokan 3 yang berjumlah 41 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji kevalidan media pembelajaran serial card memperoleh penilaian sangat valid. Hal ini didapat dari skor uji validitas ahli materi 80% dan uji validitas ahli media 86%, kemudian diakumulasikan menjadi 83%. (2) Hasil uji kepraktisan media pembelajaran serial card dengan memberikan angket respon guru dan angket respon siswa memperoleh penilaian sangat praktis. Hal ini didapat dari skor uji kepraktisan dari angket respon guru yaitu 96% dan angket kepraktisan siswa yaitu 89,5%, kemudian diakumulasikan menjadi 92,75%. (3) Hasil uji keefektifan media pembelajaran serial card yang diukur dengan soal posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, hasil uji keefektifan memperoleh penilaian sangat efektif. Hal ini didapat dari skor posttest uji coba terbatas 88% dan skor posttest uji coba luas 92%, kemudian diakumulasikan menjadi 90%. Dapat disimpulkan bahwa E media pembelajaran serial card Materi Teks Narasi Kelas IV SDN Tarokan 3 yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Sehingga dapat dan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks narasi di kelas IV SDN Tarokan 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Serial Card, Narrative Text
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mia Aprilia Susanti
Last Modified: 05 Aug 2025 07:18
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18828

Actions (login required)

View Item View Item