PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Lini, Damar (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2115010013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010013_0705096503_0713087101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (367kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010013_0705096503_0713087101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010013_0705096503_0713087101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010013_0705096503_0713087101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010013_0705096503_0713087101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2115010013_0705096503_0713087101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (109kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010013_0705096503_0713087101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, khususnya pada materi bangun datar segiempat. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi pembelajaran yang mampu mendorong partisipasi aktif siswa serta menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open-Ended berbantuan media Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment) tipe one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 13 siswa kelas VII di SMP Muhammadiyan 4 Prambon yang ditentukan secara total sampel karena jumlah siswa dalam populasi relatif kecil. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar, serta angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan indikator motivasi dalam konteks pembelajaran matematika. Analisis data dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data motivasi belajar berdistribusi normal, sehingga dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test, yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,038 (< 0,05). Adapun data hasil belajar tidak berdistribusi normal, sehingga dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 (< 0,05). Kedua hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest baik pada motivasi maupun hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Open-Ended berbantuan Quizizz memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII. Model ini terbukti mendorong keterlibatan aktif siswa, membangun rasa ingin tahu, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Oleh karena itu, model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang relevan dan aplikatif dalam proses pembelajaran matematika di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Open-Ended, Quizizz, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Damar Lini
Last Modified: 05 Aug 2025 06:53
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18796

Actions (login required)

View Item View Item