Sari, Santi puspita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN MATA PENCAHARIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060030.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060030_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060030_0706128701_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060030_0706128701_0024086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060030_0706128701_0024086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (639kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060030_0706128701_0024086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (896kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060030_0706128701_0024086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060030_0706128701_0024086901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (243kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060030_0706128701_0024086901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti ini dilatarbelakangi adanya hasil penelitian di SD Negeri Tarokan 3, bahwa pembelajaran IPS masih didominasi oleh aktivitas ceramah. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar peserta didik yang kurang. Augmented Reality membantu peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar, mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang di sampaikan oleh pendidik. Rumusan masalah dari peneliti ini untuk: (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality pada pelajaran IPS materi kenampakan alam dan mata pencarian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tarokan 3. (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality pada pelajaran IPS materi kenampakan alam dan mata pencarian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tarokan 3. (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality pada pelajaran IPS materi kenampakan alam dan mata pencarian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tarokan 3. Tujuan dari rumusan tersebut yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, kefektifan interaktif berbasis Augmented Reality pada pelajaran IPS materi kenampakan alam dan mata pencarian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tarokan 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang dipakai adalah ADDIE dengan 5 tahapan: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Tarokan 3 yang berjumlah 41 dengan subjek uji coba terbatas 15 peserta didik dan subjek uji coba luas 26 peserta didik. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi media dan materi, angket respon guru dan peserta didik, dan test berupa soal evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan media interaktif berbasis AR dinyatakan valid setelah dilakukan validasi dengan mendapatkan 96% dari ahli media dan 94% dari ahli materi serta rata-rata mendapatkan 95%. Dinyatakan praktis setelah mendapat respon dari guru sebesar 94% dan pesera didik 95,1% serta rat-rata mendapat 94,5%. Dinyatakan efektif pada uji coba luas dengan hasil nilai pre-test mendapatkan 58,2 dan post-test 87 dengan N-Gain sebesar 0,71 yang tergolong dengan kriteria “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis AR sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi kenampakan alam dan mata pencaharian untuk peserta didik kelas IV SDN Tarokan 3
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, AR, kenampakan alam dan mata pencaharian, hasil belajar |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Santi Puspita Sari |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:36 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |