Farika, Hani matus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SNAKDER GAME BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DONGENG PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060091.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060091_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060091_0708087703_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (733kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060091_0708087703_0730098803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060091_0708087703_0730098803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (508kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060091_0708087703_0730098803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (813kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060091_0708087703_0730098803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (34kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060091_0708087703_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (164kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060091_0708087703_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menganalisis peserta didik pada materi teks sastra khususnya dongeng, terutama pada unsur instrinsik dongeng selain itu, kecenderungan peserta didik sekolah dasar terhadap gadget terutama budaya luar yang tidak tersaring secara baik menjadi fokus peneliti. Berdasarkan permasalahan tersebut dikembangkannya media pembelajaran yang menyenangkan berbasis game agar permasalahan pembelajaran dongeng khususnya kemampuan menganalisis bisa teratasi. Disamping itu peneliti mengembangkan media game konkrit tersebut berbasis kearifan lokal daerah Kediri agar mengurangi kecenderungan peserta didik terhadap gadget dan menambah ketertarikan peserta didik terhadap budaya lokal khususunya Kediri. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Ploso dan SDN Jugo II, dengan subjek uji coba terbatas 7 peserta didik pada masing-masing sekolah dan uji coba luas 35 peserta didik yang terdiri dari 22 peserta didik SDN Ploso sebagai kelas eksperimen dan 13 peserta didik SDN Jugo II sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) angket validasi media dan materi, (2) menggunakan pre-test dan post-test pada uji coba terbatas dan uji coba luas yang hasil data diolah menggunakan SPSS untuk diuji pra-syarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. (3) angket respon guru dan peserta didik. Melalui kevalidan ahli media dan ahli materi, media video animasi pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 82% dan 89%. Presentase tersebut dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan untuk uji coba. Pada hasil keefektifan pada uji coba terbatas dan uji coba luas dengan uji terbatas 14 peserta didik dan uji luas 35 peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok control dan eskperimen kelompok control berjumlah 13 peserta didik dan kelompok eksperimen 22 peserta didik mendapatkan hasil presentase 96% untuk kelas eksperimen yang artinya sangat efektif dan 60%untuk kelas control yang artinya kurang efektif. Nilai yang signifikan (2-tailed) yang diperoleh Uji-T adalah p < 0,05 yaitu 0.002 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dengan post-test. Pada Uji N-Gain juga menyatakan 6 peserta didik dengan indeks tinggi mencapai 27% pada kelas eksperimen dan 0% pada kelas control,.Selanjutnya melalui angket respon peserta didik memperoleh rata-rata presentase 84% dan angket respon guru mendapatkan presentase sebesar 98%. Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media snakder game berbasis kearifan lokal Kediri sudah praktis digunakan. Media snakder game berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan Valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan menganalisis dongeng peserta didik kelas V sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbasis Kearifan Lokal Kediri, Dongeng, Snakder Game |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Hani Matus Farika |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:29 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |