Fitriyah, Siti Nikmathul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA NABATA (NAMA BANGUN DATAR) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI MENGENAL BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS II SDN BURENGAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060148.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206__2114060148_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060148_0713037304_0005016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (967kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060148_0713037304_0005016901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060148_0713037304_0005016901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (731kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060148_0713037304_0005016901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060148_0713037304_0005016901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060148_0713037304_0005016901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060148_0713037304_0005016901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi, berdasarkan hasil observasi guru masih menggunakan buku penunjang untuk menerangkan materi, sehingga siswa menjadi bosan, lemas dan mengantuk mendengar penjelasan dari guru. Selain itu guru menggunakan media kertas yang dibentuk menjadi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana kevalidan media Nabata berbasis articulate storyline pada materi mengenal bangun datar untuk siswa kelas II SDN Burengan 1, (2) mendeskripsikan bagaimana keefektifan media Nabata berbasis articulate storyline pada materi mengenal bangun datar untuk siswa kelas II SDN Burengan 1, (3) mendeskripsikan bagaimana kepraktisan media Nabata berbasis articulate storyline pada materi mengenal bangun datar untuk siswa kelas II SDN Burengan 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN Burengan 1 yang berjumlah 26 siswa. Teknis pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan deskriptis kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media Nabata berbasis articulate storyline pada materi mengenal bangun datar untuk siswa kelas II SDN Burengan 1. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor presentase 86% dan hasil validasi ahli media mendapatkan skor 84% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil kepraktisan dari angket guru mendapatkan skor presentase 90% dan angket siswa pada uji coba skala luas mendapatkan skor presentase 92,8% dengan katagori sangat praktis. Serta hasil keefektifan dilakukan oleh peserta didik yang berjumlah 20 siswa. Setelah menggunakan media Nabata dari 20 siswa terdapat 2 siswa yang belum mencapai KKTP yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Sehingga skor presentase keefektifan mendapatkan 90% dengan katagori sangat efektif. Berdasarkan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media Nabata (Nama Bangun Datar) berbasis articulate storyline pada materi mengenal bangun datar untuk siswa kelas II SDN Burengan 1 ini layak untuk digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran Matematika di kelas II SDN Burengan 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, Nabata, articulate storyline |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Siti Nikmathul Fitriyah |
Last Modified: | 05 Aug 2025 05:56 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |